Text
Perilaku Konsumtif Dalam Karya Seni Grafis
Perilaku konsumtif pada dasarnya adalah perilaku seseorang yang ditunjukan untuk mengkonsumsi secara berlebihan dan tidak terencana terhadap jasa dan barang yang urang atau bahkan tidak diperlukan. Perilaku ini lebih banyak dipengaruhi oleh nafsu yang sematamata untuk memuaskan kesenangan serta lebih mementingkan keinginan dari pada kebutuhan. Bagi penulis, fenomena perilaku konsumtif sangat unik dan menarik untuk dijadikan suatu konsep dalam penciptaan ini, karena pola hidup tersebut dapat menimbulkan keragaman dampak bagi kehidupan sosial masyarakat. Metode yang digunakan dalam penciptaan karya ini secara garis besar mengacu pada
metode penciptaan karya seni menurut Alma M. Hawkins, yaitu tahap exploration (eksplorasi), Improvisation (improvisasi), forming (pembentukan). Karya yang diciptakan sebanyak 10 karya, dengan ukuran yang bervariasi. Medium yang dipakai untuk menyampaikan ide penciptaan ini adalah seni grafis dengan teknik cetak tinggi yaitu, hardboard cut (cukil pada hardboard). Didalam memvisualisasikan ide dan gagasan dalam karya, sebagian besar objek karya dihadirkan dengan cara mentransformasi bentuk, sehingga karya kelihatan sangat unik dan memiliki karakteristik yang dalam. Beberapa karya juga diwujudkan dengan menyerupai bentuk aslinya, agar dapat dibaca dengan mudah dan menggugah perasaan penikmat yang melihatnya.
Tidak tersedia versi lain