Perpustakaan Pascasarjana

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Masuk
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

Gaya Visual Iklan Rokok Di Majalah: Ekspresi Gaya Hidup Dari Masa Kolonial Hindia Belanda Sampai Pasca Orde Baru (1925-2000)

RIYANTO, Bedjo - Nama Orang;

Menggunakan metodologi penelitian deskriptif analitis dengan teori utama sejarah sosial seni dan teori gaya hidup David Chaney, temuan dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga periodisasi penting. Pertama, gaya visual Eklektisisme Modern Oriental yang merekam ekspresi gaya hidup hibriditas Indis yaitu: suatu modernitas semu gaya hidup hasil integrasi komunitas-komunitas masyarakat jajahan yang tersebar di Hindia
Belanda (1925-1942). Iklan-iklan rokok waktu itu menyajikan dunia imajiner yang menggambarkan interaksi sosial harmonis berbagai lapisan sosial yang bertolak belakang dengan realitas sosial kehidupan masyarakat jajahan yang bersifat segregatif.
Kedua, gaya visual Narasi Agraris Tradisional Informasi Produk yang merekam ambiguitas ekspresi gaya hidup dalam mencari bentuk Identitas Nasional di tengah berkobarnya semangat revolusi pada masa itu (1942-1966). Semangat mencari bentuk identitas nasional memperlihatkan ambiguitas gaya hidup yaitu menjadi Barat yang modern atau mempertahankan ketimuran sebagai warisan adiluhung masa lalunya. Ketiga, gaya visual Modern Internasional (International Style) yang merekam ambiguitas gaya hidup semu kosmopolitan modern kelas menengah konsumsi baru Indonesia di masa Orde Baru sampai awal Reformasi (1970-2000). Iklan rokok menjadi arena bagi kelas menengah baru Indonesia untuk mempromosikan gaya hidup konsumtif sebagai identitas modernitasnya


Ketersediaan
KT20180058DIS/DI/Riy/g/2018Perpustakaan PascasarjanaTersedia
KT201800058DIS/DI/Riy/g/2018Perpustakaan PascasarjanaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
DIS/DI/Riy/g/2018
Penerbit
Yogyakarta : PPS ISI Yogyakarta., 2018
Deskripsi Fisik
xiii+360 hal.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Kolonial
gaya hidup
Iklan Rokok
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Visitor
  • Login Pustakawan

Tentang Kami

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek


Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik