Perpustakaan Pascasarjana

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Buku Teks

Manipulasi dan dehumanisasi perempuan dalam iklan

KASIYAN - Nama Orang; RUSTOPO & WARIDI (ed.) - Nama Orang;

Dalam iklan, kita tak dilarang untuk melihat daerah sekitar payudara yang telah diekspos begitu menantang, melainkan justru diajak secara tidak langsung. Iklan demikian itu menjadi menarik karena menghadirkan bagian tubuh perempuan yang selama ini tersimbol tabu, dapat ditampilkan penuh vulgaritas. Eksploitasi kegairan perempuan tanpa batas pada iklan di media massa, meskipun tidak ada hubungan sama sekali dengan wilayah s*ks, dipaksakan harus diseksualkan. Itulah yang menyebabkan perempuan, dengan segala ekspresi yang mengungkapkan pesan teks libidal yang bahkan amat erotis dan tak jarang pornografis, inti perempuan menjadi subjek terpenting dalam iklan di era libido konsumsi yang pesat. . Yang tak kalah menariknya, menurut hasil kajian Kasiyan dalam buku ini, iklan justru menjadi bentuk eksploitasi lain yang dijangkarkan pada aras stereotip pengiburumahtanggan perempuan. Ini merupakan bentuk perselingkuhan sempurna kapitalisme terhadap ideologi gender. (hlm.340) Dalam iklan, perempuan dihadirkan dengan feminitasnya; urusan dapur, kasur, dan sumur. Sedangkan pada iklan untuk di ranah publik, domestikasi perempuan tampak mengilustrasikan peran dalam profesi yang tak lebih pegawai kelas dua, seperti sekretaris atau guru anak-anak sekolah rendah. Kenyataan ini mengindikasikan bahwa posisi dan peranannya cenderung lebih bermakna sebagai sosok second s*x dihadapan pasangan gendernya, yakni laki-laki, dimana representasi laki-laki dalam iklan relatif cendrung lebih bermakna positif, baik, dan diuntungkan jika dibandingkan dengan perempuan. Misalnya digambarkan sebagai seorang peneliti, pimpinan atau direktur perusahaan, serta peran lain yang bermakna profesional.


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi Belum memasukkan lokasi
BK060652
Tersedia
#
Belum memasukkan lokasi Belum memasukkan lokasi
BK068871
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
659.1 Kas m
Penerbit
Yogyakarta : Ombak., 2008
Deskripsi Fisik
xxxix, 402 hal.; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-3472-85-0
Klasifikasi
659.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Penelitian
Metode
Perempuan
Iklan
ilmiah
manipulasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?