Tugas Akhir
Perancangan Komunikasi Visual Rumah Kebun Di Kota Yogyakarta
Desain komunikasi visual adalah ilmu yang menciptakan solusi atas sebuah masalah melalui sebuah karya desain yang mengandung unsur verbal, estetika visual dan komunikasi. Desain komunikasi visual melibatkan berbagai macam lintas bidang ilmu dan terus berkembang mengikuti perubahan pola pikir masyarakat dan teknologi begitu pula dengan media yang dihasilkan semakin beragam tergantung pada kebutuhan media yang diperlukan. Kampanye sosial sebagai bagian dari DKV merupakan periklanan non komersial yang memecahkan masalah-masalah sosial yang berkembang di masyarakat. Kampanye sosial menciptakan serangkaian media komunikasi visual yang bertujuan mengajak audience untuk melakukan aksi tertentu. Rumah Kebun adalah program kampanye urban farming mengajak masyarakat kota di Yogyakarta untuk berkebun di rumah sebagai salah satu solusi kegiatan rekreatif yang menyenangkan. Manfaat utama dari berkebun di kota adalah mendapatkan sayur segar juga sehat. Teori utama dari permasalahan adalah rekreasi kreatif, gaya hidup masyarakat perkotaan, ketahanan pangan dan studi sosial masyarakat Yogyakarta dan metode communication design, principles, methods and practice diterapkan dalam proses perancangan ini. Tema utama kampanye adalah Ayo nandur nambah sedulur sebagai hasil observasi masyarakat Yogyakarta yang memandang luhur sebuah ikatan persaudaraan. Media utama penyampaian pesan adalah video motion graphic dan didukung dengan media konvensional yang lain. Dengan menggunakan gaya flat design dan warna-warna cerah untuk memunculkan semangat dan kehangatan. Dengan menggunakan gaya flat design yang memberikan unsur modern, kampanye berusaha mengangkat kelas berkebun sebagai sebuah bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan yang selama ini identik dengan pekerjaan masyarakat desa
Tidak tersedia versi lain