Tugas Akhir
Korporat Branding “Java Bamboo Lamina”
Sebagai perusahaan jasa pembuatan bambu laminasi Java Bamboo Lamina belum dikenal secara luas. Teknologi bambu laminasi juga masih baru di masyarakat. Bambu yang dipotong empat persegi, disusun, disatukan dan dilaminasi diharapkan mampu menggantikan kayu. Dengan demikian Perusahaan Java Bamboo Lamina ikut mengurangi penebangan kayu dan melindungi hutan. Kegiatan tersebut merupakan pelestarian lingkungan yang senantiasa di dukung oleh seluruh penghuni bumi. Java Bamboo Lamina seharusnya dapat berkembang sebagai perusahaan besar di masa mendatang karena menjaga kelangsungan kehidupan. Untuk menjaga keberadaan perusahaan diupayakan pembangunan identitas perusahaan Java Bamboo Lamina melalui satu kesatuan visual. Pemanfaatan logo dan warna sebagai identitas perusahaan. Satu kesatuan rupa dan warna yang berkesinambungan antar satu media dengan media yang lain menjadi tanda sebagai satu perusahaan Java Bamboo Lamina. Selain itu perhatian terhadap halha kecil dalam disain komunikasi visual sebagai langkah baru penerapan ecodesign. Adapun langkah-langkah yang diusahakan dengan pemakaian material yang sustainable, pemanfaatan kembali untuk memperpanjang usia pemakaian atau daur ulang dan penghematan energi. Mengurangi jumlah LED (Light Emitting Diode) yang menyala merupakan penghematan energi pada media layar digital (website & video). Warna putih akan membuat lampu RGB (Red, Green, Blue) menyala semua. Aplikasi pada disain dengan mengurangi warna putih untuk latar belakang dan hanya menggunakan untuk teks judul . Pada media cetak penggunaan kertas daur ulang sebagai bahan baku. Sedangkan eksperimen penggunaan tekstur nyata dari bambu laminasi untuk diaplikasikan pada kartu nama. Java Bamboo Lamina membangun citra ramah lingkungan melalui pendekatan eco-design
Tidak tersedia versi lain