Tugas Akhir
Fotografi dan Wisatawan Dalam Promosi Pariwisata Studi Kasus: Museum De Mata Yogyakarta
Perjalanan wisata tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan kepuasan semata, tetapi menjadi sebuah keharusan dan menjadi penting karena aktivitas tersebut melibatkan banyak hal yang ingin dicapai untuk menunjukkan eksistensi diri. Dorongan seseorang untuk menunjukkan
eksistensi diri yang tidak terlepas dari berkembangnya teknologi dan informasi saat ini. Sejak ditemukan teknologi fotografi, aktivitas pariwisata terkait erat dengan dokumentasi sebagai suatu sarana untuk mengenang peristiwa wisata. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis peran fotografi dan keterlibatan wisatawan dalam mempromosikan pariwisata serta menganalisis media promosi konvensional dan media online dalam promosi pariwisata. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian membuktikan perkembangan teknologi dan informasi menjadikan prilaku wisatawan dengan aktivitas fotografi (mengabadikan diri di lokasi wisata) serta mengunggah ke berbagai media
sosial, hal tersebut berpeluang menjadikan aktivitas promosi secara tidak langsung. Perkembangan teknologi dan informasi menjadikan alternatif dalam aktivitas promosi, sehingga terjadi pergeseran dalam memilih media promosi yang tadinya promosi berupa media offline menjadi media online. Peranan media online membuat aktivitas promosi menjadi lebih efektif dan efisien daripada menggunakan media offline
Tidak tersedia versi lain