Tugas Akhir
Strategi Kreatif Buku Pop-Up Sebagai Medium Komunikasi Visual
Pop-up merupakan suatu terobosan dalam strategi penyampaian pesan melalui media buku. Terobosan ini mampu memberikan kualitas penyajian yang mungkin saja tidak dapat dijelaskan secara dua dimensi. Melalui teknik yang sedemikian rupa, pop-up mampu mengeksplor ruang tiga dimensi dalam penyajiannya pada buku, bahkan juga mampu menampilkan bidang yang dapat bergerak ketika halaman buku dibuka atau ditutup. Unsur yang sedemikian rupa mampu memberikan efek keterkejutan dan ketertarikan bagi pembacanya. Beberapa penelitian mengenai keefektifan buku pop-up dalam membantu transformasi atau penyampaian pengetahuan, menghasilkan hasil yang sangat baik apabila dibandingkan dengan buku-buku konvensional. Pop-up mampu mempermudah pembaca dalam menyerap konten buku. Kenyataan tersebut dapat disikapi sebagai peluang bagi para disainer untuk mengembangkan dan atau menggunakan ide pop-up sebagai alternatif dalam merancang. Namun yang perlu dicermati oleh disainer adalah strategi kreatif pop-up yang dapat diterapkan. Berangkat dari hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kreatif yang diterapkan pada buku pop-up, dalam membantu penyampaian pesan atau pengetahuan dalam buku secara lebih dekat dengan pengalaman konkrit. Penelitian ini juga menitik beratkan pada nilai lebih dari pop-up, mengetahui sisi-sisi kontribusi pop-up di balik sensasi yang dihasilkannya. Pop-up memiliki berbagai macam strategi kreatif yang diterapkan pada teknik, komposisi, visual, serta warna. Strategi tersebut secara efektif dapat diterapkan dalam tahap proses perancangan buku pop-up. Nilai-nilai lebih tersebut diharapkan dapat dijadikan suatu objek atau medan tantangan bagi disainer dalam menggali temuan baru dalam berkomunikasi visual
Tidak tersedia versi lain