Perpustakaan Pascasarjana

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Tugas Akhir

Strategi Kreatif Buku Pop-Up Sebagai Medium Komunikasi Visual

DEWANTARI, Alit Ayu - Nama Orang;

Pop-up merupakan suatu terobosan dalam strategi penyampaian pesan melalui media buku. Terobosan ini mampu memberikan kualitas penyajian yang mungkin saja tidak dapat dijelaskan secara dua dimensi. Melalui teknik yang sedemikian rupa, pop-up mampu mengeksplor ruang tiga dimensi dalam penyajiannya pada buku, bahkan juga mampu menampilkan bidang yang dapat bergerak ketika halaman buku dibuka atau ditutup. Unsur yang sedemikian rupa mampu memberikan efek keterkejutan dan ketertarikan bagi pembacanya. Beberapa penelitian mengenai keefektifan buku pop-up dalam membantu transformasi atau penyampaian pengetahuan, menghasilkan hasil yang sangat baik apabila dibandingkan dengan buku-buku konvensional. Pop-up mampu mempermudah pembaca dalam menyerap konten buku. Kenyataan tersebut dapat disikapi sebagai peluang bagi para disainer untuk mengembangkan dan atau menggunakan ide pop-up sebagai alternatif dalam merancang. Namun yang perlu dicermati oleh disainer adalah strategi kreatif pop-up yang dapat diterapkan. Berangkat dari hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kreatif yang diterapkan pada buku pop-up, dalam membantu penyampaian pesan atau pengetahuan dalam buku secara lebih dekat dengan pengalaman konkrit. Penelitian ini juga menitik beratkan pada nilai lebih dari pop-up, mengetahui sisi-sisi kontribusi pop-up di balik sensasi yang dihasilkannya. Pop-up memiliki berbagai macam strategi kreatif yang diterapkan pada teknik, komposisi, visual, serta warna. Strategi tersebut secara efektif dapat diterapkan dalam tahap proses perancangan buku pop-up. Nilai-nilai lebih tersebut diharapkan dapat dijadikan suatu objek atau medan tantangan bagi disainer dalam menggali temuan baru dalam berkomunikasi visual


Ketersediaan
#
Perpustakaan Pascasarjana TES/DK/Dew/s/2015
TA15110862
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
TES/DK/Dew/s/2015
Penerbit
Yogyakarta : PPS ISI Yogyakarta., 2015
Deskripsi Fisik
xv+290 hal.;ilus.;30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek

Buku
keris augmented reality
magic book
strategi kreatif
pop-up
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?