Buku Teks
Psikologi Komunikasi dan Persuasi
Komunikasi sebagai proses pertukaran informasi dari individu ke individu lain (interpersonal) atau individu dengan dirinya sendiri (intrapersonal) yang melibatkan serangkaian proses fi siologis dan psikologis adalah fondasi utama bagi individu dalam memenuhi kebutuhan dasarnya, di mana ini semua melibatkan proses-proses kognitif, afektif, dan psikomotor yang tidak sederhana dan perlu untuk dibahas secara lebih mendalam. Sementara persuasi adalah bentuk khusus dari proses komunikasi yang bertujuan untuk mengubah sikap dan perilaku orang lain secara sistematis, yang mana ini merupakan bagian tidak terpisahkan dalam proses komunikasi. Buku ini berisi bagian-bagian yang menjelaskan hakikat dasar komunikasi dan persuasi berdasarkan perspektif psikologis, termasuk proses-proses dasar psikologis apa saja yang melatarbelakangi terjadinya proses komunikasi. Selain itu, proses fisiologis yang menjadi bagian penting dalam proses ini juga ikut disertakan. Pembahasan selanjutnya dalam buku ini adalah penjelasan tentang dinamika proses komunikasi pada tingkatan yang berbeda, seperti pada komunikasi antarindividu, komunikasi kelompok dan massa serta hambatan-hambatan yang berpotensi muncul dalam proses komunikasi. Pada akhir buku ini dipaparkan tentang perkembangan terkini kajian psikologi komunikasi dan persuasi dengan berbasiskan media dan teknologi, di mana ini merupakan kajian penting yang perlu diperhatikan bagi para praktisi dan ahli di bidang ini dalam memahami proses komunikasi dan persuasi secara lebih mendalam. Buku ini awalnya dipersiapkan sebagai buku ajar perkuliahan psikologi komunikasi, namun banyak hal lainnya di dalam buku ini yang terkait dengan kajian komunikasi dan persuasi dalam perspektif psikologi yang juga penting bagi para praktisi dan ahli psikologi komunikasi
Tidak tersedia versi lain