Perpustakaan Pascasarjana

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Tugas Akhir

Eksplorasi Bentuk Robot Dalam Karya Kriya Kayu

SETIAWAN, Gandar - Nama Orang;

Ditinjau dari segi sejarahnya, ditemukannya konsep robot pada tahun 1206 oleh salah satu cendekiawan dari Turki yaitu Al Jazari, lalu dikembangkan oleh para cendekiawan selanjutnya. Selain sejarahnya yang unik, robot umumnya memiliki bentuk futuristik dan
imajinatif. Robot memiliki kecanggihan teknologi, yang berfungsi untuk menyelesaikan pekerjaan yang sulit bisa dilakukan untuk membantu manusia. Pada masa kini, robot pun lebih dikembangkan lagi pada kepentingan entertain, seni, keperluan pribadi, dan permainan.
Metode yang digunakan dalam penciptaan karya seni ini adalah metode penciptaan SP. Gustami yang menggunakan tiga tahapan penciptaan seni, yaitu ekplorasi, perancangan, dan perwujudan. Dari ketiga tahap tersebut ada penjabaran lebih lanjut tentang enam langkah dalm menciptakan karya seni. Langkah ini pada dasarnya detail dari tiga tahap penciptaan seni, yang menjabarkan proses awal karya sampai pada akhir karya yaitu evaluasi. Ada beberapa sisipan langkah, yaitu evaluasi awal sebelum menuju evaluasi akhir. Hal ini dilakukan agar karya yang dibuat lebih maksimal. Hasil penciptaan ini adalah karya-karya dengan bentuk robot berbahan kayu. Beberapa karya seni yang dibuat memiliki perpaduan bentuk dengan manusia atau dalam istilahnya disebut humanoid, dan ada yang berbentuk hewan. Ada pula karya yang bervisual wayang robot dan mainan. Ada tiga bagian manfaat dari hasil penciptaan karya seni ini, yaitu manfaat untuk diri sendiri, untuk institusi pendidikan, dan untuk masyarakat. Manfaat untuk diri sendiri yaitu menjadi pengungkapan ide dan gagasan mengenai bentuk robot, menjadi pengungkapan gagasan yang berupa pesan dan makna yang ada pada karya. Manfaat untuk institusi pendidikan yaitu menambah khasanah seni rupa dan seni kriya, menjadi karya yang dapat dikaji oleh pihak institusi dan dunia
pendidikan seni, menjadi karya yang dapat dipelajari prosesnya, dan memacu
kreativitas mahasiswa untuk menciptakan karya seni yang lain. Manfaat untuk masyarakat yaitu menjadi karya yang dapat dijadikan sebagai benda seni koleksi atau menjadi karya yang berguna untuk karya-karya pengisi interior rumah


Ketersediaan
#
Perpustakaan Pascasarjana TES/SK/Set/e/2016
KT001306
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
TES/SK/Set/e/2016
Penerbit
Yogyakarta : PPS ISI Yogyakarta., 2016
Deskripsi Fisik
xii+80 hal.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek

eksplorasi
Pemetaan Manajemen dan Sanggar Seni.
Kriya Kayu
Robot
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?