Perpustakaan Pascasarjana

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Provokasi Visual Dalam Lukisan

NUGRAHA, Ardi Fuad - Nama Orang;

Karya lukisan bermakna sosial dapat sebagai media komunikasi antara
seniman dan masyarakat tentang pesan tertentu sebaiknya tetap didasarkan atas
kesadaran bahwa segalanya demi kebaikan dan kemajuan bersama. Namun di sisi
lain nilai personalisasi dan sosialisasi dalam lukisan perlu juga diusahan
keseimbangannya. Pendekatan provokatif dengan muatan pesan tertentu
merupakan suatu kemungkinan sebagai daya rangsang yang mampu
membangkitkan tindakan tertentu atas suatu problem yang terjadi. Nilai
provokatif secara visual dapat diciptakan melalui ungkapan-ungkapan simbolik
yang merupakan representasi dari emosi dan ide-ide sesuai kecerdasan dan
kreativitas pelukisnya.
Metode penciptaan karya lukisan dilakukan melalui beberapa prosedur
yang diawali dengan proses pengamatan objek, eksplorasi pengolahan dan
pencapaian bentuk-bentuk visual yang simbolik-provokatif kemudian
divisualisasikan dengan menggunakan bahan tinta berbentuk ball point pada
kanvas dengan teknik drawing. Penciptaan lukisan selain untuk memenuhi
kebutuhan berekspresi secara bebas menampilkan jati diri juga bermakna sosial
yang merupakan usaha menjawab dan menanggapi kegelisahan kehidupan pada
zamannya.
Proses interaksi antara seniman dan masyarakat terjadi melalui media
lukisan. Melalui proses pengamatan, pemahaman dan penikmatan terhadap
lukisan yang bernilai provokatif ada keterlibatan dan pemberdayaan sifat-sifat
apresiatif, kritis, demokratis dan tanggung jawab yang bermakna sebagai proses
pembelajaran dan penyadaran hidup bermasyarakat.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Pascasarjana TES/SL/Nug/p/2016
KT001321
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
TES/SL/Nug/p/2016
Penerbit
Yogyakarta : PPS ISI Yogyakarta., 2016
Deskripsi Fisik
ix+81 hal.; 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Lukisan
Seni
provokasi
Krisis Identitas Kebudayaan Massal
Autokritik
pembelajaran
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?