Text
Manajemen Pemasaran Jilid 2
Produk adalah elemen pertama dan terpenting dalam bauran pemasaran. Strategi produkmembutuhkan pengambilan keputusan yang terkoordinasi dalam bauran produk, lini produk,merek, serta pengemasan dan pelabelan. Dalam merencanakan penawaran pasarnya, pemasar harus berpikir melalui lima tingkat produk:manfaat inti, produk dasar, produk yang diharapkan, produk tambahan, dan produk potensial, yangmencakup semua tambahan dan transformasi yang mungkin dialami pada akhirnya. Produk dapat digolongkan dalam beberapa cara. Berdasarkan ketahanan dan keandalannya, produkbisa bisa berupa barang tidak tahan lama, barang tahan lama, atau jasa. Dalam kategori barangkonsumen, produk terdiri dari barang sehari-hari (barang kebutuhan pokok/staple, barang impuls,barang darurat), barang belanja (homogeny dan heterogen), barang khusus, atau barang yang takdicari. Dalam kategori barang industry, produk digolongkan dalam satu dari tiga kategori: bahan dansuku cadang (bahan mentah serta bahan dan suku cadang manufaktur), barang modal (instalasi danperalatan), atau jasa pasokan dan bisnis (pasokan operasi, iten pemeliharaan dan perbaikan, jasapemeliharaan dan perbaikan, serta jasa nasihat bisnis). merek dapat dideferensiasikan berdasarkan sejumlah dimensi produk atau jasa yang berbeda:bentuk produk, fitur, kinerja, kesesuaian, ketahanan, keandalan, kemudahan perbaikan, gaya, dandesain, serta dimensi jasa seperti kemudahan pemesanan, pengiriman, instalasi, pelatihanpelanggan, konsultasi pelanggan, serta pemeliharaan dan perbaikan
Tidak tersedia versi lain