Text
Perancangan Komunikasi Visual Program Kampanye Perlindungan Warisan Sejarah Di Banyumas
Menurunnya jumlah benda cagar budaya di Banyumas dalam beberapa tahun terakhir adalah sebuah masalah yang cukup serius. Masyarakat sebagai pemilik warisan budaya di Banyumas tidak banyak di libatkan dalam rangka pelestarian benda warisan budaya (tangible heritage). Keluarga sebagai organisasi terkecil dalam masyarakat perlu di berdayakan sebagai ujung tombak perlindungan dan pelestarian.
Metode analisis 5W +1H memunculkan inti masalah pelestarian di Banyumas dan menentukan solusi perancangan. Kesadaran perlindungan terhadap warisan sejarah keluarga merupakan stimulus untuk pelestarian warisan budaya pada tingkat yang lebih luas. Menggunakan teknik testimonial dengan pendekatan sejarah dan warisan (heritage), video iklan layanan masyarakat yang merupakan media utama dapat terwujud dalam sebuah rangkaian program kampanye.
Video iklan layanan masyarakat dengan teknik testimonials dengan pendekatan sejarah warisan keluarga yang menggunakan media sosial sebagai media penyebarannya merangsang keluarga didalam masyarakat untuk sadar akan pentingnya warisan sejarah keluarga dan pentingnya pelestarian warisan budaya di tingkat yang lebih luas.
Tidak tersedia versi lain