Text
Strategi Pengembangan Pemasaran Produk IKM Batik Pamekasan Madura Studi pada sentra batik di Desa Klampar Kecamatan Proppo, Pamekasan
Batik sebagai kekayaan tradisi Indonesia sebaiknya mampu bersaing di pasar
regional dan nasional. Untuk itu, dibutuhkan berbagai inovasi pengembangan.
Inovasi itu tidak hanya sebatas pemasaran, tetapi juga peningkatan pasar IKM
(Industri Kecil dan Menengah) batik itu sendiri. Perkembangan persaingan pasar
yang ketat sudah mempengaruhi kehidupan perekonomian regional maupun
nasional. Di Pamekasan, produk IKM yang bernilai ekonomi kreatif yaitu batik
Pamekasan, Madura sebaiknya dikembangkan agar kompetitif di persaingan pasar
regional dan nasional saat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kegiatan pemasaran yang ada dan
dapat ditingkatkan di Kabupaten Pamekasan sesuai dengan riset dan analisis pasar
yang dilakukan, menganalisa faktor lingkungan eksternal dan internal yang
dihadapi oleh sentra IKM batik di Desa Klampar, Kecamatan Proppo Kabupaten
Pamekasan. Analisis pasar perlu dilakukan dengan meninjau jenis pasar
produknya, motif dan perilaku, segmen pasar dan penentu sasaran pasarnya.
Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui teknik wawancara
mendalam dan observasi, yang didukung dengan data kuantitatif secara spesifik
sebagai studi awal analisis dalam penelitian ini akan menjelaskan jenis produk,
ciri khas produk, proses produksi, harga produk, distribusi produk, cara /sistem
pemasaran dan segmentasi pasar serta proses produksi.
Hasil dari penelitian ini adalah rekomendasi bagi pemerintah Daerah
Pamekasan untuk mengembangkan pemasaran batik Madura di Pamekasan untuk
dijadikan komoditi industri yang dapat menunjang potensi Madura sebagai
kawasan pariwisata dan pengembangan produk branding di Kabupaten/Kota
Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain