Text
Strategi Promotion Mix untuk Peningkatan Daya Tarik Seni Pertunjukan Tradisional di Kabupaten Purworejo (Studi Pada Pertunjukan Tari Dolalak)
Penelitian tentang Strategi Promotion Mix Untuk Peningkatan Daya Tarik Seni Pertunjukan Tradisional di Kabupaten Purworejo dengan studi pada pertunjukan tari Dolalak. Dianalisis dari sisi bidang keilmuan Manajemen Seni. Perbedaan dan keunikan dalam penelitian ini adalah mengkombinasikan keilmuan seni dengan bidang ilmu manajemen. Tujuan dari penelitian, menganalisis serta mengidentifikasi perilaku penikmat sajian pertunjukan tradisional Dolalak di Kabupaten Purworejo, menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman apa saja serta mengidentifikasi, dan menganalisis strategi promosi yang tepat yang digunakan dalam pengelolaan pertunjukan tari Dolalak di Kabupaten Purworejo.
Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif beserta didukung dengan data kuantitatif dari analisis SWOT. Dalam menganalisis perilaku konsumen penikmat sajian pertunjukan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan dan analisis data, maka diperoleh hasil berupa wawancara faktor internal yang berupa kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yaitu berupa peluang beserta ancaman. Yang kemudian hasilnya digambarkan ke dalam matrik IFE dan EFE SWOT.
Berdasarkan kuadran analisis SWOT posisi yang didapatkan berada di posisi Kuadran I. Strategi yang diperlukan di posisi ini adalah strategi yang menggunakan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang tepat berdasarkan kuadran analisis SWOT yaitu pengembangan dan penetrasi produk. Strategi pengembangan pada penerapan dan analisis temuan fakta di lapangan, dilakukan dengan peningkatan estetika tari Dolalak sebagai fungsi sekunder dari seni pertunjukan, yang digunakan sebagai pertunjukan wisata dan hiburan. Hal ini artinya, dengan memperbaiki citra tari Dolalak sebagai nilai budaya intangible adiluhur yang dimiliki Purworejo. Untuk strategi penetrasi yang dapat dilakukan oleh Pemkab Purworejo, secara agresif masuk ke market. Langkah yang dilakukan misalnya dengan menentukan segmen dan target penonton sajian pertunjukan tari tradisional Dolalak lebih spesifik siapa saja, misal ditentukan dari kelompok usia, waktu dan tempat pentas (di outdoor), dari cara promosi dan media yang digunakan.
Tidak tersedia versi lain