Text
Segmenting, Targeting dan Positioning Cabaret Show di Raminten 3 Resto Yogyakarta
Konsumen memiliki sifat unik dan berbeda-beda, membutuhkan bentuk
startegi pemasaran yang berbeda pula. Seni pertunjukan yang mengusung tema
Cabaret pastilah memiliki konsumen yang memiliki karakter sifat yang unik dan
berbeda. Tahap awal untuk menganalisis pasar yang akan menjadi target pasar
Cabaret Show dengan melakukan penentuan terhadap segmenting, targeting, dan
positioning, barulah kemudian dapat lanjut ketahap selanjutnya untuk melakukan
strategi pemasaran sesuai dengan segmen yang terbentuk.
Penelitian ini bersifat statistik deskriptif dengan menggunakan pendekatan
kualitatif yaitu data yang berbentuk kalimat, kata atau gambar dan dilengkapi
dengan data kuantitatif yaitu data yang berbentuk angka atau data yang
diangkakan (scoring). Metode analisis data kualitatif yang digunakan dalam
penelitian ini adalah menggunakan metode analisis data Miles & Huberman
(Sugiyono, 2007), yang digunakan untuk menganalisis hasil wawancara.
Kemudian untuk data kuantitatif menggunakan alat analisis statistik deskriptif
yaitu statistik yang digunakan untuk menganalisis data yang telah terkumpul
sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk
umum atau generalisas, dan melakukan Uji mean (uji rata-rata jawaban
responden) dilakukan untuk mengukur persepsi penonton tentang tinggi
rendahnya kualitas atribut pada Cabaret Show.
Mengetahui segmen yang terbentuk dari penonton pertunjukan kabaret,
memahami profil segmen yang terbentuk, memahami perbedaan karakteristik
antar segmen dan mengetahui segmen mana yang paling menentukan sebagai
target Cabaret Show dan mengetahui image yang terbentuk dibenak penonton.
Hasil analisis memaparkan tanggapan pengelola yang menjadi narasumber
mengatakan bahwa sejak awal beridirinya pertunjukan kabaret, pihak manajemen
tidak menentukan segmen, menurut hasil olah data demografi responden,
menunjukkan karakteristik penonton yang berbeda-beda.
Tidak tersedia versi lain