Tugas Akhir
Strategi Positioning dan Diferensiasi dalam Upaya Membangun Brand Studi Kasus Ngayogjazz
Ngayogjazz adalah salah satu festival musik jazz yang diselenggarakan rutin setiap satu tahun sekali di Yogyakarta. Festival ini mengalami peningkatan jumlah penonton yang signifikan setiap tahun dalam tiap penyelenggaraannya. Keberhasilan Ngayogjazz meraih penonton yang banyak ini adalah salah satu hasil dari strategi pemasaran yang dijalankan. Strategi pemasaran yang baik akan menjadi penentu suksesnya pemasaran sebuah produk. Kesuksesan sebuah strategi pemasaran juga akan membangun brand yang kuat untuk produk tersebut. Segitiga positioning, diferensiasi, brand (PDB) adalah salah satu pengembangan dari konsep pemasaran oleh Kertajaya. Segitiga PDB dapat menjadi landasan untuk menentukan strategi positioning dan diferensiasi yang tepat bagi sebuah produk.
Penelitian ini difokuskan pada penerapan teori segitiga PDB dalam Ngayogjazz. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui indepth interview. Melalui metode tersebut dapat diketahui sejauh mana Ngayogjazz menerapkan teori pemasaran (dalam hal ini positioning dan diferensiasi).
Hasil dari penelitian ini adalah perumusan upaya-upaya strategi positioning dan diferensiasi dalam festival Ngayogjazz. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan segitiga PDB dalam Ngayogjazz penting dilakukan agar penyelenggara mengetahui sejauh mana maksudnya tersampaikan untuk masyarakat. Hasil dari analisis menggunakan segitiga PDB adalah Ngayogjazz telah membentuk sebuah brand sebagai festival musik jazz yang memiliki karakter kota Yogyakarta.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain