Text
Formulasi Strategi Pengembangan Museum huta bolon simanindo
Museum Huta Bolon adalah sebuah perkampungan di Kecamatan
Simanindo, Kabupaten Samosir yang memiliki perpaduan potensi alam dan
budaya sehingga dibuka menjadi museum umum. Penurunan tingkat kunjungan
wisatawan dalam empat tahun terakhir berdampak pada pengelolaan museum
tersebut. Diperlukan strategi pengembangan sebagai upaya mengalokasikan
sumber daya dan potensi yang dimiliki dalam meningkatkan performa dan
produktifitas pengelolaannya untuk dapat kembali menarik minat kunjungan
wisatawan.
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor
internal dan eksternal dalam upaya pengembangan museum, kemudian
merumuskan formulasi strategi pengembangan Museum Huta Bolon. Metode
Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis menggunakan
analisis SWOT.
Temuan dalam penelitian ini menghasilkan (1) Berdasarkan Matriks IFAS,
pengelola Museum Huta Bolon Simanindo kurang merespon faktor internal
(2,374), sementara berdasarkan Matriks EFAS, pengelola Museum Huta Bolon
Simanindo merespon faktor eksternal dengan baik (2,659). (2) Posisi
pengembangan Museum Huta Bolon Simanindo melalui Matriks IE menunjukkan
Hold and Maintain (Jaga dan Pertahankan) karena berada pada posisi V. Strategi
yang dapat dipakai adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. (3)
Berdasarkan kuadran analisis SWOT, pengembangan Museum Huta Bolon
Simanindo menunjukkan posisi pada kuadran I (0,94; 0,46) sehingga diperlukan
pemilihan strategi berupa pengembangan pasar, penetrasi pasar, pengembangan
produk, integrasi vertikal (depan / belakang), integrasi horizontal, diversifikasi
konsentrik. (4) Berdasarkan Matriks SWOT, pengembangan Museum Huta Bolon
Simanindo menunjukkan bahwa pemilihan strategi berupa penggunaan setiap
kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman (ST). (5) Strategi besar (grand
strategy) pengembangan Museum Huta Bolon Simanindo mengarah pada
peningkatan yang mencakup enam sektor pengembangan meliputi Pemasaran,
Produksi, Keuangan, R & D (Research & Development), SDM dan CSR
(Corporate Social Responsibility).
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain