Tugas Akhir
Perancangan Iklan Layanan Masyarakat tentang Diabetes
Pola hidup masyarakat saat ini dapat dikatakan sudah sangat buruk, mulai dari pola makan, pola aktifitas, hingga pola istirahat, semuanya tidak pada porsi yang tepat. Aneka makanan mulai dari makanan ringan hingga berat menjamur ke berbagai titik di penjuru tanah air. Bisnis kuliner seakan tidak ada hentinya bahkan terus bertambah sesukanya. Kemajuan teknologi berkembang pesat, semuanya berlomba-lomba menawarkan kemudahan dalam beraktifitas. Perkembangan ini berbanding terbalik dengan kesadaran masyarakat akan kesehatan. Tingkat aktifitas fisik yang rendah, diramu dengan pola makan yang tidak terkontrol mengakibatkan timbulnya penyakit degeneratif seperti diabetes. Diabetes menjadi dampak dari pola hidup tersebut, diabetes menjadi masalah kesehatan terbesar di negeri ini yang harus diselesaikan, dilaporkan bahwa separuh penderita diabetes tidak menyadari kondisinya. Kematian akibat diabetes pada 2012 mencapai 4,8 juta orang. Populasi penderita diabetes mellitus (DM) di Indonesia saat ini menduduki peringkat kelima terbanyak di dunia. Berdasarkan data IDF Diabetes Atlas, pada tahun 2013 penderita DM di Tanah Air mencapai 8.554.155 orang.
Desain komunikasi visual merupakan sebuah studi yang dianggap mampu menjadi sebuah pemecah permasalahan. Dalam merancang iklan layanan masyarakat, dibutuhkan tahap-tahap dalam mewujudkannya. Diawali dari riset mengenai diabetes, analisa target audiens hingga perwujudannya. Analisa target audiens mampu memberi kesimpulan media apa yang akan dipakai dalam menyampaikan pesan. Iklan layanan masyarakat adalah media komunikasi masa yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat penyadaran. Iklan layanan masyarakat dinilai mampu sebagai solusi penyadaran pola hidup masyarakat. Melalui sebuah iklan layanan masyarakat pesan-pesan sosial yang berkaitan dengan kesehatan disampaikan dalam perancangan ini. Pesan merubah pola hidup masyarakat dengan media visual diharapkan mampu mengatasi masalah diabetes yang ada di Negara ini. Pesan secara metafora bisa menjadi alternatif sebagai ide penciptaan iklan layanan masyarakat.Fotografi menjadi alat untuk menampilkan pesan secara metafora. Penggunaan objek visual tertentu menjadi simbol yang harus diartikan dalam mengolah pesan dalam perancangan ini.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain