Perpustakaan Pascasarjana

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Strategi Pemasaran “Wayang Kampung Sebelah”

SITUMORANG, Setyabudhi Rahardjo - Nama Orang;

Wayang Kampung Sebelah (WKS) merupakan salah satu kelompok pertunjukan seni wayang kulit genre baru yang fenomenal di masyarakat sekarang ini serta digemari oleh banyak kalangan. Sepak terjangnya dalam pertunjukan seni wayang yang inovatif dan kreatif berimplikasi pada metode pemasaran yang dikembangkannya sehingga mampu menarik perhatian masyarakat terhadap karyanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan WKS digemari banyak kalangan, metode pemasaran yang digunakan oleh WKS serta tantangan yang dihadapi WKS dalam membuat inovasi pertunjukan wayang. Teori yang melandasi penelitian ini mengacu pada konsep segmentasi yang meliputi segmentation, targeting dan positioning (STP).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Analisis data dilakukan berdasarkan teori strategi pemasaran dengan pendekatan studi kasus tipe instrumen tunggal menggunakan 3 narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dalang WKS dalam bercerita dan berkomunikasi dengan penonton susah ditiru karena merupakan talenta yang dimiliki oleh seseorang secara individual sehingga menarik penonton larut dalam cerita yang disampaikan. Strategi pemasaran WKS pada tahap segmentation dilakukan secara geographis dengan mempromosikan pertunjukan terhadap masyarakat desa, yang dalam perkembangannya semua kalangan usia dan pendidikan akhirnya menjadi penonton pertunjukan kelompok ini. Pada tahap targeting WKS tidak memilih secara khusus konsumen yang menjadi target pemasarannya dikarenakan pedoman yang dipegang oleh WKS, yaitu bahwa wayang harus bisa dinikmati oleh semua kalangan. Sedangkan pada tahap positioning, WKS telah berhasil memposisikan diri sebagai kelompok wayang yang unik dan susah ditiru oleh kelompok wayang lainnya meski ide pertunjukannya banyak mengacu pada gaya pertunjukan wayang tradisional yang telah lama ditinggalkan. WKS menerapkan empat tingkatan harga di dalam upaya memasarkan karya mereka yang meliputi serangan desa, serangan pentas bersubsidi, komersial publik dan komersial profesional. Tantangan dalam berkarya lebih banyak berasal dari faktor internal, yaitu mempertahankan semangat berkarya kelompok. sedangkan dari faktor eksternal tidak ada hambatan yang berarti namun dibutuhkan waktu cukup lama bagi WKS untuk dapat diterima oleh kalangan intelektual (akademis).


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
TES/MTS/Sit/s/2017
Penerbit
Yogyakarta : Pascasarjana ISI., 2017
Deskripsi Fisik
xii + 52 hlm.; 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TES/MTS/Sit/s/2017
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Dalang
: WKS
, Strategi Pemasaran (Segmentation, Targeting, Pos
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?