Tugas Akhir
Perayaan Parodi Visual Karakteristik Serdadu KNIL Andjing Nica
Penelitian ini mengkaji fenomena penggunaan karakteristik visual serdadu KNIL Andjing NICA dalam rupa reenactor (sebutan untuk orang yang memakai kostum militer pada aktifitas reenactment) yang muncul 5 tahun belakangan ini di Indonesia. Karakteristik visual itu diwujudkan dalam berbagai aktifitas sosial yang pada penelitian ini dikategorisasikan kedalam dua panggung, yakni “Panggung Depan” dan “Panggung Belakang”. “Panggung Depan” terkait tampilan karakteristik visual serdadu KNIL Andjing NICA, sedangkan “Panggung Belakang” berhubungan dengan kondisi latar belakang psikologis individu yang menunjang tampilan karakteristik visual. Menggunakan teori poskolonial yang beroperasi dengan bentuk hibrid, mimikri-mokeri dan ambivalensi serta cara pandang budaya visual sebagai objek formalnya menjadikan kedua panggung (Panggung Depan dan Panggung Belakang) itu menjadi perayaan karakteristik visual masyarakat poskolonial kontemporer. Hibriditas, mimikri dan ambivalensi sebagai dekonstruksi cara pandang sosio historis pada karakter serdadu KNIL Andjing NICA yang menjadi lucu dan bermakna ironis, bukan lagi karakter musuh yang menakutkan
Tidak tersedia versi lain