Text
Strategi Pengembangan Objek Wisata Gili Kondo Kabupaten Lombok Timur
Berkembangnya industri pariwisata mendorong munculnya destinasi pariwisata di Indonesia salah satunya obyek wisata Gili Kondo yang berada di Kabupaten Lombok Timur. Gili Kondo merupakan salah satu destinasi wisata dengan potensi sangat besar, maka dari itu diperlukan pengelolaan yang baik, sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, memperluas lapangan kerja, peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), dan pendapatan negara. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kunjungan wisatawan serta membuat formulasi strategi untuk mengembangkan objek wisata Gili Kondo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis SWOT. Hasil penelitian berdasarkan matriks IE, objek wisata Gili Kondo berada pada posisi V yaitu Hold and Maintain (pertahankan dan pelihara) dengan melakukan pertahanan terhadap potensi-potensi yang dimiliki dan kemudian membina atau mengembangkannya. Strategi yang digunakan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Sedangkan berdasarkan kuadran analisis SWOT berada pada posisi kuadran I yaitu Expansion (perluasan), sehingga diperlukan pemilihan strategi yang menggunakan kekuatan dan memanfaatkan setiap peluang dengan membuat media promosi online dan offline, menambah fasilitas sarana dan prasarana, meningkatkan keamanan dan kenyamanan serta memanfaatkan dukungan/kerja sama dari stakeholder, selain itu membuat promosi paket wisata, membuat event wisata expo, mengadakan atraksi budaya, memanfaatkan teknologi sebagai media promosi, serta melakukan pelatihan-pelatihan bagi pengelola dalam bidang IT, desainer, life guard, kuliner, dan kerajinan.
Tidak tersedia versi lain