Text
Media Kematian dan Identitas Budaya Minoritas
Fenomena Necrocultura atau menggilai kematian dengan berlebihan yang melanda masyarakat dunia walaupun bukan hal yang baru tetapi referensi tertulisnya sangat sedikit, bahkan menurut penulis di Internet masih jarang dan susah menemukannya. Selain itu buku ini mengkaji iklan dukacita yang merupakan salah satu komodifikasi kematian di media massa. Kehadiran iklan ini telah dialihfungsikan menjadi sarana peneguhan posisi masyarakat tertentu yang terdiskriminasi, dapat kita simpulkan bahwa iklan dukacita ini bukan hanya sekedar iklan dimedia massa yang berisi informasi meninggalnya seseorang tetapi sebagai wujud eksistensi budaya etnik Tionghoa di Indonesia. Melalui metode semiotik buku ini menjelaskan bagaimana etnik Tionghoa ditampilkan lewat media iklan dukacita yang direpresentasi bidang ekonomi,sosial,budaya, dan agama yang dikaji dalam aspek komunikasi dan budaya. Dalam iklan dukacita yang dikaji dalam bidang ekonomi memiliki konten branding produk, nama toko, dan lokasi toko yang tidak langsung sebagai sarana promosi dan representasi ekonomi pengiklan terhadap status ekonomi pengiklan
Tidak tersedia versi lain