Text
Kapitalisme Media Ekonomi Politik Berita dan Diskursus Televisi
Kapitalisme telah hadir dan tumbuh masuk ke dalam kehidupan media. Kelangsungan hidup media ternyata menjadi satu jawaban dan membuka ruang untuk menerima kapitalisme. Mau tidak mau, atau terpaksa atau memang harus seperti itu semua tentu dalam kesadaran media. Kesadaran pelaku media. Bukan kah kesadaran semu yang di bangun oleh media atau memang persaingan yang telah menuntut pelaku media harus berbagi dengan kapitalisme. Tentu dalam buku ini di bahas dengan istilah “ Market Driven”. Kendali pasar telah membuka ruang kapitalisme hidup pada media. Kajian Market Driven atau Kendali Pasar adalah perspektif yang masih baru untuk diperbincangkan dalam waktu lima tahun terakhir di Indonesia. Buku ini mengulas kendali pasar di Televisi. Tumbuhnya media televisi setidaknya menggambarkan sebuah praktek media, bukan hanya di tempatkan sebagai organisasi yang memiliki ruang pemberitaan dengan produksi pesan semata, tetapi sekarang sudah bergerak menjadi industri produk pesan. Sama halnya sebuah industri yang menghasilkan barang atau jasa, dimana memperhatikan proses distribusinya, selain itu juga memperhatikan pesaingnya. Pelaku media tidak bisa tidur nyenyak kalau acara atau program-program yang mereka tayangkan ratingya turun. Karena setiap jam, menit bahkan detik adalah sebuah persaingan yang membuat pelaku media untuk tidak lengah dan lelah bahkan sedikit bersabar untuk menang dengan mampu menarik jumlah penonton yang banyak dan iklan yang terus masuk
Tidak tersedia versi lain