Text
Metode Penelitian Komunikasi: Prosedur, Tren, dan Etika
Buku ini tidak semata-mata menawarkan bagaimana sebuah penelitian harus dikerjakan. Bagaimanapun buku penelitian senantiasa menyajikan tentang metode penelitian dengan variasinya, pengumpulan data, sampai prosedur dan teknik pengolahan data. Topik-topik itu sudah menjadi standar penulisan buku metode penelitian. Pada bagian awal buku ini dipaparkan tentang pengetahuan dan ilmu pengetahuan; komponen penelitian; jenis-jenis metode penelitian yang populer digunakan, terutama dalam penelitian komunikasi; sampling dan pengolahan data. Dengan berusaha mengaitkannya pada bidang penelitian komunikasi serta ilustrasi teori-teori yang berkembang dalam Ilmu Komunikasi, penyajiannya pun berbeda. Dengan demikian, buku Metode Penelitian Komunikasi, Prosedur, Tren, Dan Etika ini membahas penelitian kuantitatif ini cocok jika disebut sebagai panduan untuk penelitian Kuantitatif dalam Ilmu Komunikasi. Bab enam dan tujuh, penulis berusaha menawarkan sesuatu yang belum banyak dibahas dalam buku penelitian standar. Pada bab enam, penulis menawarkan gagasan dan pemikiran tentang bidang penelitian komuniasi yang banyak dibicarakan, setidaknya pada dekade terakhir. Memang tidak murni gagasan penulis, namun dipilih dari beberapa sumber buku tentang penelitian dan teori komunikasi yang cukup baru, untuk menunjukkan beberapa riset yang dilakukan. Setidaknya memberikan gambaran tren dalam fenomena praktik komunikasi, seperti kehadiran media sosial, internet dan masyarakat online, serta tren metodologi yang menawarkan metode gabungan (mix method)
Tidak tersedia versi lain