Perpustakaan Pascasarjana

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Perancangan Komunikasi Visual Alat Peraga Mengenal Huruf Dan Angka Dengan Doodle Art

DEWI ,Wahyu Kurnia - Nama Orang;

Guru Taman Kanak-Kanak yang kurang memiliki kemampuan dasar seni rupa (menggambar) yang baik seringkali mengalami hambatan dan kesulitan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Guru memiliki tugas mengembangkan potensi anak melalui bahasa komunikasi yang sederhana. Karena anak-anak belum bisa membaca, maka media alternatif untuk memudahkan anak-anak memahami pelajaran adalah lewat gambar. Namun kenyataannya masih sedikit guru Taman Kanak-Kanak yang memiliki kemampuan dasar seni rupa yang baik. Melengkapi perancangan ini, landasan teori yang digunakan yakni teori utama menggunakan teori proses komunikasi dari Harold D Lasswell (Who (Unsur Sumber), Say What (Unsur Pesan), In Which Cahnnel (Saluran Komunikasi), To Whom (Unsur Penerima), With What Effect (Unsur Pengaruh)) dan teori psikologi anak dari Jean Piaget. Teori kedua menggunakan teori desain komunikasi visual yang terdiri dari ilustrasi, layout, warna, dan tipografi. Lalu teori ketiga menggunakan teori media dengan buku sebagai pembahasan media utama. Metode perancangan yang digunakan dari beberapa tahap antara lain: teknik pengumpulan data (observasi, wawancara, dokumentasi, kepustakaan), teknik analisis data (analisis 5 W Harold D Lasswell dan analisis target audience), sintesis, konsep perancangan (konsep media, konsep kreatif, evaluasi, final desain). Keseluruhan metode perancangan tersebut nantinya digunakan sebagai proses pengambilan keputusan desain yang dibutuhkan untuk membuat perancangan yang baik dan tepat sasaran. Setelah proses perancangan menemukan solusi desain. Perancangan ini dapat dikategorikan sebagai perancangan desain sosial karena mampu memberi solusi atas masalah yang dihadapi guru Taman Kanak-Kanak. Masalah tersebut adalah pandangan bahwa guru yang tidak memiliki dasar seni rupa tidak akan bisa memvisualkan (menggambar) dengan baik di dalam kelas. Masalah ini akan teratasi dengan mudah ketika menggunakan alat peraga mengenal huruf dan angka melalui teknik doodle art ini. Maka permasalahan guru tentang hambatan dalam proses pembelajaran karena tidak dapat menggambar dengan baik dapat teratasi.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Pascasarjana TES/DKV/Dew/p/2018
KT20181055
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
TES/DKV/Dew/p/2018
Penerbit
Yogyakarta : PPS ISI Yogyakarta., 2018
Deskripsi Fisik
xii,108 hlm.;ils.;30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TES/DKV/Dew/p/2018
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Doodle Art
, Guru Taman Kanak-Kanak
, Alat Peraga
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?