Text
Bayar semaunya: Pengelolaan Kompensasi dan Kinerja Karyawan Jakarta Good Guide
Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui bagaimana penerapan sistem penentuan harga bayar semaunya dalam usaha jasa wisata Jakarta Good Guide. Juga tentang bagaimana kompensasi para pemandu Jakarta Good Guide dikelola di bawah kondisi ketidakstabilan
pendapatan yang mereka terima. Selanjutnya, pengetahuan lebih dalam yang ingin digali
ialah tentang bagaimana penilaian kinerja karyawan dari pengelolaan kompensasi di bawah
sistem bayar semaunya tersebut Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara. Wawancara dilakukan kepada tiga pihak, yaitu pemimpin sekaligus pendiri Jakarta Good Guide, pemandu Jakarta Good Guide, dan para wisatawan yang telah menggunakan jasa Jakarta Good Guide. Analisis data dilakukan dengan mengacu pada teori Cresswell (2013). Langkah-langkah yang dilakukan dalam menganalisis yaitu dengan mengorganisasikan data, mereduksi data, meringkas kode, dan menyajikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bayar semaunya bisa menjadi alat yang tepat untuk mencapai visi suatu organisasi. Dari sudut pandang konsumen, bayar semaunya
berguna untuk memberi kesempatan konsumen terlibat dalam menentukan harga, dan
menjadikan mereka merasa mendapatkan hak istimewa. Penelitian ini juga memberi wawasan
baru terkait bentuk kompensasi bagi hasil yang ternyata dari sudut pandang karyawan terasa
lebih adil dan sesuai diterapkan dari sistem bayar semaunya dengan perusahaan jasa berskala
kecil seperti Jakarta Good Guide. Selain itu, ternyata bayar semaunya juga berperan
membuka kesadaran dan mendorong kinerja karyawan untuk meningkatkan pendapatan serta
kualitas diri mereka sebagai individu yang bekerja dalam kelompok.
Tidak tersedia versi lain