Text
Strategi Pengembangan Pemasaran Pariwisata “Towilfiets” Dalam Melestarikan Budaya Kearifan Lokal di Dusun Bantar, Desa Banguncipto, Kec. Sentolo, Kab. Kulon Progo
Penelitian ini membahas mengenai pengembangan pemasaran pariwisata Towilfiets dalam melestarikan kearifan lokal yang terletak di Dusun Bantar, Desa Banguncipto, Kulon Progo. Towilfiets merupakan tempat wisata minat khusus yang menawarkan paket wisata bersepeda onthel. Keramah tamahan dengan kearifan lokal warga desa disekitar Towilfiets menjadi kelebihan dalam paket wisata yang ditawarkan. Kurangnya promosi pemasaran yang intens menjadi penyebab mengapa pengunjung lokal tidak mengetahui banyak informasi mengenai Towilfiets. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisa proses pemasaran yang dilakukan Towilfiets, untuk mengetahui potensi wisata dan mengeksplorasi formulasi strategi di Towilfiets. Teori pada penelitian ini berpedoman pada teori strategi pemasaran pariwisata dengan bauran 4A (attraction, accessibility, amenity, ancellery) + 3P (price, place, promotion), sehingga menemukan beberapa variabel yang teridentifikasi dan dimasukkan kedalam analisis lingkungan internal dan eksternal. Metode penelitian yang digunakan, kualitatif dengan teknik wawancara mendalam dan observasi serta didukung dengan data kuantitatif. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif yang mencakup analisis hasil wawancara, analisis statistik deskriptif dan mean aritmatik, serta analisis SWOT yang di dalamnya terdapat tiga tahap formulasi strategi yang terdiri dari tahap masukan yaitu analisis lingkungan eksternal dan internal (EFE dan IFE), tahap pencocokan yaitu analisis matrik IFE, matrik EFE, matrik IE, matrik SWOT, serta tahap keputusan dengan menggunakan hasil analisis matrik SWOT. Temuan penelitian menyatakan bahwa pada matrik SWOT mendapatkan posisi I yang berarti Growth and Build (tumbuh dan bina). Sedangkan pada kuadran SWOT berada pada sisi kuadran I, yaitu expansion (mendukung strategi agresif), sehingga diperlukan pemilihan strategi menggunakan kekuatan dan memanfaatkan peluang.
Tidak tersedia versi lain