Text
Perancangan Desain Repositioning Kota Malang Sebagai Kota Pendidikan
Kota Malang memiliki positioning sebagai kota wisata dengan branding “Beautiful Malang” yang belum mencangkup aspek Tribina Cita Kota Malang yaitu pendidikan dan industri. Branding ini justru menguntungkan kota lainnya yang memiliki kawasan wisata yang lebih baik. Disisi lain visual branding “Beautiful Malang” tidak merepresentasikan Kota Malang yang memiliki berbagai potensi dan tidak konsisten dalam penerapan visual brand pada beberapa media. Positioning Kota Malang sebagai kota wisata belum menciptakan diferensiasi yang kuat pada benak target audience. Maka dari itu sangat penting dilakukan repositioning Kota Malang untuk menciptakan diferensiasi sehingga dapat mengubah persepsi target audience terhadap Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan design thinking yang memiliki lima tahapan dimulai dari emphaty, define, ideate, prototype dan test. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah Humas Kota Malang, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata dan target audience. Setelah data diperoleh kemudian data tersebut dianalisis sehingga ditemukan sintesis data sebagai pijakan dalam
melakukan perancangan. Dari sintesis ditemukan solusi permasalahan yaitu dengan
cara mengembalikan citra Kota Malang sebagai kota pendidikan.
Tidak tersedia versi lain