Text
Anak berkesulitan belajar : teori, diagnosis, dan remediasinya
Pengertian tentang anak kesulitan belajar sangat diperlukan karena dalam kehidupan sehari - hari sering ditemukan adanya penggunaan istilah tersebut secara keliru. Banyak orang, termasuk sebagian besar para guru, tidak dapat membedakan antara kesulitan belajar, lambat belajar dan tunagrahita. Tanpa memahami pengertian kesulitan belajar, akan sulit pula menentukan jumlah anakberkesulitan belajar sehingga pada gilirannya juga sulit untuk membuat kebijakan pendidikan bagi mereka. Dengan memahami pengertian kesulitan belajar, jumlah dan klasifikasinya dapat ditentukan strategi penanggulangan yang efektif dan efisien. Penyebab kesulitan belajar juga perlu dipahami karena dengan pengetahuan tersebut dapat dilakukan usaha - usaha preventif maupun kuratif. Oleh karena itu, guru bagi anak berkesulitan belajar sebelum melakukan pengkajian yang lebih mendalam tentang penangulangannya. Kajian tentang Anak berkesulitan belajar ( Children with learning disabilities) menjadi sangat menarik, terutama setelah adanya data bahwa banyak orang meraih prestasi tingkat dunia pernah digolongkan anak berkesulitan belajar. Buku ini ditulis untuk memenuhi banyaknya permintaan guru, orang tua dan nahasiswa, terutama mahasiswa Jurusan Pendidikan Khusus, pendidikan Anak Usia Dini, dan Pendidikan Dasar. Buku ini terbagi dalam 13 bab yaitu : Bab I membahas tentang pengertian kesulitan belajar, Bab II membahas tinjauan teoretik tentang anak berkesulitan belajar, Bab III membahas asesmen dan penyusunan program pendidikan individual, Bab IV membahas tinjauan dari aspek medis tentang kesulitan belajar, Bab V membahas tinjauan dari aspek psikologis tentang kesulitan belajar, Bab VI membahas anak berkesulitan belajar di sekolah reguler, Bab VII membahas menciptakan suasana belajar yang sehat, Bab VIII membahas gangguan perkembangan motorik dan perseptual, Bab IX membahas gangguan perkembangan kognitif, Bab X membahas kesulitan belajar bahasa, Bab XI membahas kesulitan belajar membaca, Bab XII membahas kesulitan belajar menulis dan Bab XIII membahas kesulitan belajar matematika.
Tidak tersedia versi lain