Text
Manajemen pemasaran pariwisata
Kegiatan pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan kepariwisataan di sebuah daerah. Tanpa adanya kegiatan pemasaran pada sebuah destinasi maka destinasi tersebut tidak akan dikenal. Pola pendekatan pemasaran jasa berbeda dengan pemasaran barang. Kegiatan pemasaran pada sebuah destinasi pariwisata tidak hanya sebatas pada melakukan kegiatan promosi semata, namun kegiatannya lebih kompleks karena menawarkan pelayanan jasa yang bersentuhan langsung dengan konsumen. Buku ini terbagi dalam 8 bab yaitu : Bab I membahas pariwisata bagian dari hospitality indutry. Dalam bab ini membahas tentang pengertian pariwisata, produk pariwisata ( tourism product 0, pengertian hospitality industry, karakteristik service dalam hospitality industry. Bab II membahas pemasaran pariwisata. dalam bab ini dibahas mengenai pengertian pemasaran pariwisata, manajemen pemasaran, core marketing conceps, filosofi marketing manajemen, marketing management cycle. Bab III membahas konsumen yang di dalamnya membahs tentang pengertian, perikau, kepuasan dan riset konsumen. Bab IV membahas strategi pemasaran pariwisata didalamnya membahas pengertian strategi pemasaran, marketing research, market segmentation, targeting dan positioning, analisis pasar wisata, bauran pemasaran ( marketing mix ), strategi pemasaran pariwisata. Bab V membahs sistem informasi pemasaran . Dalam bab ini menjelaskan sistem informasi pemasaran, penggunaan informasi untuk keunggulan kompetitif serta sistem informasi pemasaran dan keunggulan bersaing.Bab VI membahas internal marketing dalam hospitality. Dalam bab ini dijelaskan pengertian internal marketing, internal marketing process, nonroutins transaction. Bab VII membahas pemanfaatan teknologi dalam pemasaran pariwisata. Di dalamnya menjelaskan pengertian E-Commerce, perkembangannya, internet dan web, manajemen yang dihubungkan dengan E-Commerce, keuntungan E-Commerce bagi bisnis dan konsumen pemasaran basis data. Bab VIII membahas pemasaran strategis destinasi pariwisata. Di dalamnya membahas pengertian destinasi, pengertian manajemen pengelola destinasi, menajemen pengelolaan destinasi yang sukses di luar negeri, pembentukan cutra sebuah destinasi, keberadaan tourist event dan atraction, pemasaran destinasi pariwisata, integrasi konsep pemasaran, gaya hidup konsumen dan manajemen destinasi pariwisata, kecenderungan baru perkembangan pariwisata secara internasional.
Tidak tersedia versi lain