Text
Pengembangan segmentasi demografis dan psikografis Pada penonton pertunjukan musik klasik: studi pada Jakarta city philharmonic orchestra
Penelitian ini merupakan studi eksplorasi segmentasi demografis, motivasi, dan psikografis atau gaya hidup pada 600 penonton pertunjukan musik klasik Jakarta City Philharmonic Orchestra. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai karakteristik demografis dan motivasi dari seluruh responden, menemukan segmen yang memiliki keterkaitan erat dengan frekuensi kehadiran tertentu, dan kemudian mengembangkannya dengan mengeksplorasi psikografis pada setiap segmen tersebut. Melalui teknik Crosstab (tabulasi silang), dihasilkan empat segmen dengan variabel demografis yang menjadi pembaginya adalah profesi dan gender. Hasil segmentasi demografis tersebut kemudian dikembangkan lagidengan psikografis menggunakan analisis ANOVA satu jalur terhadap gaya hidup (aktivitas,minat, dan opini) keempat segmen tersebut. Penelitian ini menemukan empat segmen dengan gaya hidup masing-masing sebagai berikut: segmen ‘Penikmat’ yang merupakan penonton yang masuk dalam fase pencarian hiburan dan keinginan untuk menikmati hidup, ‘Wanita aspirasional’ yang memiliki aspirasi tinggi terhadap perkembangan industri kreatif, segmen ‘Sarjana milenial’ yang merupakan penonton dengan pendidikan terakhir S1/D4 dan selalu aktif dalam media sosial. Terakhir, segmen ‘Lajang berjiwa seni’ yang diidentikkan dengan seseorang yang memiliki keleluasaan waktu lebih banyak dan belum terikat oleh keluarga sehingga bisa lebih sering menikmati pertunjukan musik klasik.
Tidak tersedia versi lain