Text
Efektivitas Komunikasi Pemasaran Band Jasad
Musik death metal adalah musik yang sudah lama menjadi bagian dari komunitas metal underground Bandung. Pada awalnya gaung dari jenis musik dan komunitas ini begitu terbatas karena mereka bukan musisi major label yang dibesarkan oleh media. Akan tetapi atas kegigihan dan upaya-upaya yang sistematis eksistensinya mereka mulai diakui beberapa kalangan termasuk para sponsor. Hal yang paling menarik bagi sponsor terhadap keberadaan komunitas ini karena mereka terdiri dari kaum remaja dengan populasi yang cukup besar. Dukungan sponsor telah mengakselerasi dan mengangkat keberadaan band-band dari komunitas ini pada popularitas tertentu. Secara empiris perbedaan yang terjadi adalah adanya perubahan pada penyelenggaraan pertunjukan yang berubah menjadi megah dan ditonton oleh ribuan masa. Perubahan lainnya adalah meningkatnya penjualan merchandise dan produk-produk kreatif lainnya yang dihasilkan oleh komunitas tersebut hingga mampu menjadi komoditi dan mampu menghidupkan industri kreatif ala mereka. Salah satu band death metal Bandung yang telah memiliki banyak penggemar dan sukses menjalankan industri kreatif tersebut adalah band Jasad Fenomena ini menjadi menarik untuk diteliti terutama yang berhubungan dengan efektivitas J.rnmunikasi pemasaran yang telah Jasad lakukan selama ini. Melalui penelitian ini diharapkan akan mampu memberikan penjelaskan terhadap fenomena yang terjadi di lapangan secara rasional dan ilmiah. Sedangkan hasilnya diharapkan akan memberikan masukan terhadap band-band lainnya termasuk band yang berada diluar komunitas metal underground.
Tidak tersedia versi lain