Text
Studi Motivasi Pendonor Crowdfunding Pada Kelompok Musik Jono Terbakar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja motivasi pendonor pada crowdfunding yang dilakukan oleh Jono Terbakar. Crowdfunding merupakan sebuah cara untuk musisi menggalang dana untuk dapat memproduksi sebuah karya. Jono Terbakar, sebuah proyek seni dari Yogyakarta, Indonesia; telah melakukan 5 kali crowdfunding untuk produksi album. Crowdfunding dibedakan dari donasi pada umumnya karena memiliki imbalan kepada pendonor meskipun sekecil pencantuman nama pendonor pada credit album. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan analisis deskriptif. Subjek yang diteliti adalah 6 pendonor yang pernah mengikuti crowdfunding Jono Terbakar. Motivasi pendonor dalam penelitian ini dibagi menjadi motivasi intrinsik, yang berasal dari dalam diri dan dibagi menjadi dua sub-variabel “mendukung gagasan” & “membantu orang lain” serta motivasi ekstrinsik, yang berasal dari luar diri.dan dibagi menjadi dua sub-variabel “mendapat imbalan non-finansial” dan “motivasi sosial”. Penelitian ini menemukan bahwa motivasi intrinsik secara mayoritas lebih mendominasi motivasi dari 6 pendonor crowdfunding Jono Terbakar yang diteliti. Motivasi untuk “mendukung gagasan” menjadi motivasi yang dominan dari 6 pendonor crowdfunding Jono Terbakar yang diteliti.
Tidak tersedia versi lain