Text
Metode pembelajaran pantomim Indonesia
Metode pantomim di Indonesia dalam perspektif pendidikan ini merupakan penemuan model pembelajaran seni pantomim untuk institusi pendidikan formal. Selama ini pantomim diajarkan di sekolah - sekolah sebagai kegiatan ekstra kurikuler yang dikaitkan dengan seni drama/teater. Bahkan seni pantomim tidak diajarkan sama sekali, karena kurangnya sumber daya manusia dan apresiasi terhadap seni pantomim di Indonesia. Buku ini merupakan salah satu hasil luaran dari Penelitian Produk Terapan Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan pengembangan Kemeristekdikti pada tahun pertama (2017) dan tahun kedua (2018) dengan judul Metode Pantomim di Indonesia. Buku ajar Metode Pembelajaran Pantomim Indonesia ini diujicobakan pada mahasiswa yang mengambil matakuliah Eksplorasi Peran di Program Studi (Prodi) S-1 Senii drama Tari dan Musik ( Sendratasik) Jurusan Sendratasik Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Buku Metode Pembelajaran Pantomim Indonesia merupakan ajaran teori dan praktik dalam bentuk pembelajaran seni pantomim di kelas, workshop, presentasi, penyajian pertunjukan seni pantomim dan evaluasinya. Nilai - nilai yang terkandung dalam bahasa isyarat pantomim dimunculkan secara eksplisit agar bisa dikenal, dipahami, dan dilaksanakan oleh pelajar, mahasiswa dan masyarakat sehingga dampak berdampak pada peningkatan kualitas estetis dan dikdatis.
Tidak tersedia versi lain