Text
Estetika Gaya Desain Brand Djarum Black : Kajian Visual Iklan Billboard Djarum Black Tahun 2004-2011
Promosi merupakan bagian dari strategi pemasaran untuk meningkatkan
nilai penjualan agar dapat menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Perusahaan
melakukan promosi menggunakan media iklan billboard, yang biasa dipakai
dalam beriklan produk rokok. Hal ini terkait dengan pembentukan jenama produk
Djarum Black yang dibangun oleh perusahaan. Pembangunan jenama melalui
iklan billboard tersebut menampilkan gaya desain yang mengangkat gaya hidup
urban. Terdapat perubahan gaya desain mulai dari awal munculnya produk di
pasaran hingga kini. Promosi yang dilakukan mulai beriklan hingga aktivitas
kontes dan pameran inovasi teknologi serta otomotif. Konsumen meyakini bahwa
jenama yang terbangun itu bukan sekadar merek produk rokok tetapi telah
menjadi identitas kelompok sosial dari konsumen Djarum Black.
Penelitian ini melalui pendekatan estetika visual pada media penjenamaan
Djarum Black. Strategi periklanan pada promosi Djarum Black dilakukan melalui
tiga tahapan periklanan, yaitu: tahap perintisan, tahap persaingan, dan tahap
pertahanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan
objek kajian visual iklan billboard Djarum Black periode tahun 2004-2011.
Pengumpulan data melalui wawancara dengan pihak Djarum dan Biro Iklan Solo
serta observasi lapangan. Data yang dianalisis berupa 18 desain iklan billboard
Djarum Black. Penelitian ini bertujuan untuk menguji estetika berdasar atas
ideologi dan mitos pada visual desain iklan, pesan visual pada media iklan
billboard Djarum Black memiliki gaya desain yang mengarah pada gaya hidup
konsumen.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) gaya desain
dan makna visual pada media billboard Djarum Black; (2) relasi ideologi dalam
iklan billboard Djarum Black dengan gaya hidup masyarakat urban; (3) retorika
visual iklan billboard yang berpengaruh dalam membentuk identitas konsumen
Djarum Black. Temuan penelitian, yaitu retorika visual iklan billboard terdapat
pergeseran makna pada identitas konsumen Djarum Black karena perubahan
strategi dari perusahaan. Dari makna identitas konsumen yang imajiner ke real,
dimulai dari identitas cara bersantai, selera penampilan pria urban, dan komunitas
inovator teknologi. Pada identitas yang terakhir tersebut terbentuklah identitas
komunitas yang real, yaitu komunitas otomotif yang terbentuk dari kesamaan hobi
pada kegiatan.
Tidak tersedia versi lain