Perpustakaan Pascasarjana

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Estetika Gaya Desain Brand Djarum Black : Kajian Visual Iklan Billboard Djarum Black Tahun 2004-2011

WIDODO, Andreas Slamet - Nama Orang;

Promosi merupakan bagian dari strategi pemasaran untuk meningkatkan
nilai penjualan agar dapat menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Perusahaan
melakukan promosi menggunakan media iklan billboard, yang biasa dipakai
dalam beriklan produk rokok. Hal ini terkait dengan pembentukan jenama produk
Djarum Black yang dibangun oleh perusahaan. Pembangunan jenama melalui
iklan billboard tersebut menampilkan gaya desain yang mengangkat gaya hidup
urban. Terdapat perubahan gaya desain mulai dari awal munculnya produk di
pasaran hingga kini. Promosi yang dilakukan mulai beriklan hingga aktivitas
kontes dan pameran inovasi teknologi serta otomotif. Konsumen meyakini bahwa
jenama yang terbangun itu bukan sekadar merek produk rokok tetapi telah
menjadi identitas kelompok sosial dari konsumen Djarum Black.
Penelitian ini melalui pendekatan estetika visual pada media penjenamaan
Djarum Black. Strategi periklanan pada promosi Djarum Black dilakukan melalui
tiga tahapan periklanan, yaitu: tahap perintisan, tahap persaingan, dan tahap
pertahanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan
objek kajian visual iklan billboard Djarum Black periode tahun 2004-2011.
Pengumpulan data melalui wawancara dengan pihak Djarum dan Biro Iklan Solo
serta observasi lapangan. Data yang dianalisis berupa 18 desain iklan billboard
Djarum Black. Penelitian ini bertujuan untuk menguji estetika berdasar atas
ideologi dan mitos pada visual desain iklan, pesan visual pada media iklan
billboard Djarum Black memiliki gaya desain yang mengarah pada gaya hidup
konsumen.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) gaya desain
dan makna visual pada media billboard Djarum Black; (2) relasi ideologi dalam
iklan billboard Djarum Black dengan gaya hidup masyarakat urban; (3) retorika
visual iklan billboard yang berpengaruh dalam membentuk identitas konsumen
Djarum Black. Temuan penelitian, yaitu retorika visual iklan billboard terdapat
pergeseran makna pada identitas konsumen Djarum Black karena perubahan
strategi dari perusahaan. Dari makna identitas konsumen yang imajiner ke real,
dimulai dari identitas cara bersantai, selera penampilan pria urban, dan komunitas
inovator teknologi. Pada identitas yang terakhir tersebut terbentuklah identitas
komunitas yang real, yaitu komunitas otomotif yang terbentuk dari kesamaan hobi
pada kegiatan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Pascasarjana DIS/DKV/Wid/e/2021
KT20210076
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
DIS/DKV/Wid/e/2021
Penerbit
Yogyakarta : Pascasarjana ISI., 2021
Deskripsi Fisik
xvi, 241 hlm, 23 cm: ilus
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Desain
gaya hidup
Retorika visual
Billboard
Info Detail Spesifik
Disertasi
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?