Text
Komunikasi pemasaran terpadu : pada era media sosial
Komunikasi dan pemasaran merupakan dua konsep penting yang saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Dua konsep tersebut akan efektif untuk dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan penetrasi pasar, terutama untuk memperkenalkan berbagai produk baru perusahaan atau target konsumen baru perusahaan. Komunikasi dan pemasaran perlu diintegrasikan dan dipadukan secara proporsional karena perpaduan tersebut akan melahirkan salah satu sinergi strategi pemasaran yang dapat diandalkan perusahaan, yaitu komunikasi pemasaran terpadu atau integratedmarketing communication (IMC). Sebeleum IMC dikenal luas, banyak perusahaan percaya bahwa untuk mengirimkan pesan kepada konsumen atau target konsumen tertentu diperlukan marketing communication tools yang spesifik, berbeda, dan terpisah. Misalnya, untuk menciptakan brand awareness digunakan advertising, sedangkan sales promotions untuk meningkatkan penjualan, sementara penggunaan public relations dilakukan untuk meningkatkan image perusahaan yang baik di benak pelanggan. Dalam perkembangannya, banyak perusahaan menyadari bahwa penggunaan marketing communicatio tools secara sinergis dan terkoordinasi ternyata mampu memberikan dampak yang lebih besar daripada penggunaan marketing communicatio tools yang spesifik, berbeda, dan terpisah. Buku ini akan menguraikan berbagai konsep dan aspek penting dari komunikasi pemasaran terpadu yang tersebar dalam dua puluh bab yang terdiri atas konsep komunikasi, konsep pemasaran, konsep pemasaran jasa, komunikasipemasaran terpadu, direct marketing, sales promotion, public relations, periklanan, sponsorship, personal selling, merek, green marketing, e-marketing, word of mouth marketing, social media marketing, experiental, relationship marketing, CRM, perilaku konsumen, dan loyalitas pelanggan.
Tidak tersedia versi lain