Tugas Akhir
Strategi Marketing Public Relation pada Sanggar Gong Sitimang dalam Mempublikasikan Musik Tradisional Melayu Jambi
Sanggar Gong Sitimang adalah sanggar seni musik bernuansa Melayu Jambi yang didirikan oleh seniman musik Jambi yaitu Bapak Zulkarnain pada tahun 2000. Sanggar Gong Sitimang dewasa ini masih konsisten dengan musik Melayu Jambi. Hal ini membuat konsumen percaya untuk menggunakan jasa Musik Sanggar yang dianggap berkompeten dalam Musik Tradisional Melayu Jambi. Kekonsistenan sanggar tentunya memiliki pengelolaan sanggar dan pemasaran yang maksimal. Namun pada bagian pemasaran khususnya kegiatan publikasi Sanggar masih kurang
terstruktur dan efektif, hal tersebut terjadi karena pengelola sanggar masih bergantung dengan bantuan dari TVRI dalam kegiatan publikasi sanggar dalam memperkenalkan Musik Tradisional Melayu Jambi. Dengan demikian pengelola sanggar perlu merancang kegiatan MPR lebih terstruktur, agar citra sanggar terjaga baik dimata masyarakat. Tolls kegiatan Marketing Public Relation dapat digunakan untuk menganalisis dan mengkaji kegiatan MPR Sanggar Gong Sitimang yang ditinjau dengan konsep strategi PENCILS, yaitu Publication, Event, News, Community
Involvement, Inform or Image, Lobbying and Negotiation dan Social Responsibility. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1.Publication, terkait media yang digunakan untuk menarik minat masyarakat terhadap jasa yang diberikan, 2.Event, terkait event yang diikuti sanggar, 3.News, terkait pembuatan berita supaya masyarakat mengetahui prestasi dan kegiatan sanggar, 4.Community involvement, terkait keterlibatan sanggar dengan komunitas lain, 5.Inform or image, terkait citra sanggar yang dikenal masyarakat, 6.lobbying and negotiation, terkait kegiatan lobi sanggar dengan stakheloder dan masyarakat, 7.Social responsibility terkait kegiatan sosial yang dapat membuat citra sanggar positif dimata masyarakat. Penelitian ini nantinya akan berguna dan bermanfaat bagi para pengelola khususnya sanggar seni dalam kegiatan publikasi karya seni kepada masyarakat. dan juga dapat menjadi referensi bagi peneliti yang membutuhkan dan membahas topik Marketing Public Relation pada
pengelola komunitas dan seni pertunjukan.
Tidak tersedia versi lain