Text
Eksplorasi Teori Mixing Sound George Peterson Untuk Perluasan Teknik royeksi Suara Pada Formasi Ansambel Marching Brass Dalam Karya Unity
Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan penamaan model teknik
proyeksi suara untuk dieksplorasi kedalam perspektif lain. Saat ini teknik proyeksi
suara pada ensembel marching brass belum ada rambu-rambu secara teoretis dalam
hal penamaan. Padahal jika ada, akan sangat menunjang teknik tersebut untuk
dieksplorasi lebih dalam mengenai kemungkinan-kemungkinan baik cara
penggarapan maupun eksplorasi secara teknik. Hasil dari penamaan model tersebut
dieksplorasi dalam bentuk perspertif lain sebagai pembuktiannya dalam sebuah
karya musik.
Penelitian ini berangkat dari tidak adanya penamaan model teknik proyeksi
suara, sehingga komposer menulis model teknik tersebut secara verbal dengan
tulisan yang sangat panjang. Jika tidak ditulis secara verbal, berdasarkan
pengalaman kasus dilapangan, musik sering dimainkan dengan teknik proyeksi
suara yang tidak sesuai. Hal ini dirasa bagi penulis kurang efektif. Sehingga perlu
dipetakan kedalam istilah penamaan model. Melihat dari model yang sudah
terpetakan maka memiliki peluang untuk dieksplorasi lebih dalam sebagai
perluasan teknik yang sudah ada.
Teori yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan teori mixing sound.
Metodologi penelitian yang dipakai adalah practice as research. Hal ini
dikarenakan tujuan dari penelitian ini hanya memperluas sebuah pengetahuan atau
konsep kedalam perspektif lain.
Penulis melakukan analisa terhadap temuan lapangan dengan menggunakan
teori mixing sound secara kaidah akustik untuk memberikan penamaan model.
Penamaan model teknik proyeksi suara terdapat 4 nama, yaitu narrow sweeping
panning, direction sound, reflection sound, dan panning dinamic. Penulis menulis
karya dengan mengacu pada keempat temuan model teknik proyeksi suara tersebut
serta mengeksplorasi dalam bentuk perspektif lain.
Tidak tersedia versi lain