Perpustakaan Pascasarjana

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Model Pembelajaran Otodidak dalam Proses Imitasi dan Modifikasi Repertoar pada Pengamen Tunanetra

SITIO, Anantha Angriany - Nama Orang;

Tujuan dari penelitian yaitu mengidentifikasi model belajar yang diorientasikan
penyandang tunanetra ketika belajar bernyayi secara otodidak. Pembelajaran otodidak itu
sendiri membutuhkan kemandirian yang lebih besar dan inovatif karena sistem belajar
yang satu arah (sumber yang pasif). Kemandirian yang harus dibangun meliputi pemilihan
materi belajar yang sinkron dengan tujuan pembelajaran, mengimplementasikan gaya
belajar yang proporsional, dan menggunakan media belajar yang akurat untuk menunjang
proses pembelajara. Secara implementasinya, ketika menjangkau dan memahami media
belajar itu membutuhkan input visual. Kemudian muncul pertanyaan mendasar tentang
bagaimana penyandang tunanetra melakukan proses belajar secara otodidak di tengah-
tengah hambatan penglihatan yang mereka miliki.
Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori kognitif dari Gagnè yang
mengatakan bahwa pembelajaran tetap bisa terjadi tanpa harus adanya kehadiran seorang
pengajar. Proses belajar setiap individu selalu menyesuaikan dengan kondisi internal dan
eksternal individu itu sendiri. Kedua kondisi ini saling mempengaruhi dalam belajar yang
kompleks, Gagnè menyebutnya conditional of learning. Untuk menelaah proses
mendengar dan mendengarkan repertoar yang diorientasikan tunanetra, penulis juga
mengacu kepada teori emosi dari Berlyne tentang mendengarkan musik yang dianggap
familiar.Tingkat hedonis akan meningkat seiring dengan makin akrabnya pendengar
dengan musik itu.
Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ialah metode kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 4 orang pengamen tunanetra di
Malioboro-Yogyakarta tipe buta total dan 2 orang tipe low vision. Mereka diminta untuk
mempraktikan kembali langkah-langkah yang dilakukan ketika belajar bernyanyi serta
menceritakan pengalaman yang mereka miliki saat belajar bernyanyi secara otodidak.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran otodidak memiliki
peran penting dalam proses belajar penyandang tunanetra. Peran otodidak itu sendiri yaitu
memberi kebebasan ruang kepada penyandang tunanetra dalam menyesuaikan
kenyamanan sistem belajar dan mengeksplorasi taktik kreatif untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Faktor-faktor pendukung pembelajaran otodidak terdiri dari fakor internal
(kemampuan kognitif, kepekaan pendengaran, keterampilan mengingat, dan pengetahuan
musikal) dan faktor eksternal (media belajar dan bantuan orang lain). Sikap yang
dibangun penyandang tunanetra ketika belajar yaitu: konsistensi diri, memahami
kelemahan, memelihara kesehatan suara, mengenakan pakaian yang nyaman, dan tidak
segan bertanya/meminta bantuan orang lain. Alasan tunanetra melakukan imitasi dan
modifikasi ketika belajar repertoar yaitu menjangkau keterbatasan kemampuan vokal dan
menciptakan gaya bernyanyi versi sendiri.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Pascasarjana TES/MTS/Sit/m/2021
KT20211286
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
TES/MTS/Sit/m/2021
Penerbit
Yogyakarta : Pascasarjana ISI Yogyakarta., 2021
Deskripsi Fisik
vi, 71 halama, 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TES/MTS/Sit/m/2021
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Tunanetra
Model otodidak
Kondisi belajar
modifikasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?