Text
Ekonomi kreatif, ekonomi baru : mengubah ide dan menciptakan peluang
Ekonomi kreatif merupakan gelombang ekonomi baru yang lahir pada abad ke - 21. Gelombang ekonomi baru ini mengutamakan intelektual sebagai kekayaan yang dapat menciptakan uang, kesempatan kerja, pendapatan, dan kesejahteraan. Inti ekonomi kreatif terletak pada industri kreatif, yaitu industri yang digerakkan oleh para kreator dan inovator. Rahasia ekonmikreatif terletak pada kreativitas dan keinovasian. Kreativitas adalah berpikir esuatu yang baru, sedangkan keinovasian adalah melakukan sesuatu yang baru. Hasilnya adalah dalam bentuk cara pemecahan masalah baru, metode baru, teknik baru, cara operasional baru, teknologi baru, model baru, desain baru, barang dan jasa baru, merek dagang baru, cara pemasaran baru, cara usaha baru, distribusi baru, strategi baru, pelayanan baru, komersialisasi baru, penampilan baru, serta karakter baru lainnya yang bernilai komersial. Hakikat kreativitas adalah menciptakan sesuatu dari yang tidak ada atau memperbaharui kembali sesuatu yang telah ada. esensi dari kreativitas terletak pada kemampuan menghasilkan gagasan baru, mengerjakan sesuatu dengan cara yang berbeda, dan memiliki pendekatan alternatif baru. Buku ini terbagi dalam 11 bab yaitu : Bab 1 membahas evolusi dan gelombang ekonomi baru, Bab 2 membahas konsep dan konteks ekonomi kreatif, Bab 3 membahas modal dasar dan aktor penggerak ekonomi kreatif, Bab 4 membahas rantai nilai dan model penciptaan nilai tambah ekonomi kreatif, Bab 5 membahas industri kreatif, Bab 6 membahas sumber daya ekonomi kreatif, Bab 7 membahas kondisi dan faktor - faktor pembentuk karakter kreatif dan inovatif, Bab 8 membahas manajemen kreatif, Bab 9 membahas mengelola ide dan gagasan, Bab 10 membahas kekayaan intelektual, bab 11 membahas Pengembangan ekonomi kreatif.
Tidak tersedia versi lain