Text
Aesthetic theory
Dalam Teori Estetika, Adorno tidak hanya memperhatikan keasyikan estetika standar seperti fungsi keindahan dan keagungan dalam seni, tetapi dengan hubungan antara seni dan masyarakat. Dia merasa bahwa kebebasan seni modern dari pembatasan seperti fungsi kultus dan kekaisaran yang telah melanda era seni sebelumnya telah menyebabkan kapasitas kritis seni diperluas dan otonomi formal meningkat. Dengan otonomi yang diperluas ini, muncullah tanggung jawab seni yang meningkat atas komentar masyarakat. Namun, Adorno tidak merasa bahwa konten yang dipolitisasi secara terang-terangan adalah kekuatan kritis terbesar seni: sebaliknya, ia memperjuangkan jenis "konten kebenaran" yang lebih abstrak (Wahrheitsgehalt). Tidak seperti estetika Kantian atau idealis, estetika Adorno menempatkan isi kebenaran dalam objek seni, bukan dalam persepsi subjek. Konten semacam itu, bagaimanapun, dipengaruhi oleh kesadaran diri seni di tangan jarak yang diperlukan dari masyarakat, yang terlihat dalam kasus seperti disonansi yang melekat dalam seni modern. Isi-kebenaran pada akhirnya ditemukan dalam hubungan antara berbagai interaksi dialektis yang muncul dari posisi(-posisi) karya seni relatif terhadap subjek dan tradisi masyarakat yang lebih besar, serta dialektika internal dalam karya itu sendiri. Sepanjang, Adorno memuji dramawan Samuel Beckett, kepada siapa buku itu dipersembahkan.
Tidak tersedia versi lain