Perpustakaan Pascasarjana

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Tugas Akhir

Refraksi Pemikiran Berdasarkan Gangguan Penglihatan (Refractive Error) Sebagai Ide Penciptaan Seni Rupa

ULINNUHA, Muhammad Khirzan - Nama Orang;

Di era teknologi seperti sekarang, seseorang dapat dengan mudah untuk bias dalam berpikir ketika mengolah informasi yang dia dapatkan dengan cepat. Bias dalam berpikir itu disebut juga sebagai bias kognitif yang oleh penulis diistilahkan sebagai refraksi pemikiran. Penelitian penciptaan ini bertujuan untuk menciptakan karya seni yang berkaitan dengan refraksi pemikiran baik dari segi visualnya, gagasannya, maupun cara mengungkapkannya. Teori yang digunakan pada penelitian penciptaan ini adalah teori metafora, drawing, dan seni rupa kontemporer. Metode yang digunakan adalah metode penciptaan David Campbell dengan penerapan prinsip in-and-through dari metode Practice-based Research. Pada penelitian penciptaan ini, telah dihasilkan 9 karya yang merupakan karya eksplorasi seni drawing pada berbagai bentuk dan medium, yaitu 5 karya drawing 2 dimensi, 2 karya interactive art, 1 karya berbentuk trimatra dan 1 karya berbentuk seni instalasi bunyi. Karya 2 dimensi yang menggunakan medium kertas berjudul “Milangkori”,”Maze”, dan “Grey”, dan yang menggunakan medium kanvas berjudul “Tan Keno Kiniro, Tan Keno Kinoyo” dan “Kala Mangsa”. Karya interaktif yang dibuat yaitu karya yang berjudul “Illotretion” yang berbentuk simulasi permainan lotre dan “Rubical Fallacy” yang berbentuk mainan rubik. Adapun karya yang berjudul “Amazing a Maze Man” adalah karya yang berbentuk trimatra yang dibuat dari cutting corrugated board yang direspon dengan drawing. Karya yang terakhir adalah “Suara Kanjuruhan” yang berbentuk instalasi bunyi. Pada penelitian ini telah diwujudkan karya seni yang memuat gagasan terkait bias kognitif atau refraksi pemikiran. Penelitian ini juga menghasilkan perspektif baru dari sudut pandang praktik seni terkait permasalahan tersebut. Sebagai sebuah penilitian penciptaan, apa yang menjadi muatan inti dalam tulisan tesis ini adalah tentang bagaimana sebuah ide gagasan terkait permasalahan bias kognitif atau refraksi pemikiran dapat ditransformasikan menjadi wujud karya seni yang pada prosesnya terdapat persoalan-persoalan artistik yang perlu dielaborasi sehingga dapat dipertanggungjawabkan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Pascasarjana TES/SL/Uli/r/2023
KT20231360
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
TES/SL/Uli/r/2023
Penerbit
Yogyakarta : Pascasarjana ISI., 2023
Deskripsi Fisik
xiii, 144 hal.: illus., lamp., 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TES/SL
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Drawing
karya seni
refraksi
Bias
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?