Tugas Akhir
Belajar Wirausaha di Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Penyedia Layanan Musik Pernikahan di Yogyakarta)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan krisis yang dialami oleh wirausaha di masa pandemi COVID-19 dan pembelajaran kewirausahaan yang diperoleh selama menjalankan usaha di masa pandemi COVID-19. Permasalahan dalam penelitian ini adalah keadaan lingkungan akibat pandemi COVID-19 yang berubah berdampak negatif bagi usaha musik pernikahan, sehingga harus mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Proses adaptasi tidak dapat terlaksana dengan baik apabila wirausaha tidak mampu belajar dari keadaan yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Narasumber merupakan pemilik usaha musik pernikahan di Yogyakarta. Narasumber tersebut adalah wirausaha musik pernikahan Coffee Break, Neo Wedding Singer (NWS), Jogjanova, Revent Music Entertainment, Redrose Music, Essecoustic, dan Fariza Music Entertainment (FME). Data dikumpulkan melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wirausaha musik pernikahan mengalami permintaan nol, penurunan kuantitas permintaan, penurunan harga jual, penyederhanaan format musik, dan kesempatan baru. Krisis tersebut mengakibatkan perubahan tren musik pernikahan, sehingga membentuk karakteristik usaha musik pernikahan yang mampu bertahan saat ini. Keadaan ini membuat wirausaha untuk belajar tentang diri sendiri, aspek-aspek dalam bisnis, lingkungan dan jaringan kewirausahaan, manajemen usaha kecil, kemudian mensintesis pembelajaran-pembelajaran tersebut dalam belajar tentang sifat dan manajemen hubungan.
Tidak tersedia versi lain