Tugas Akhir
Penjenamaan Griya Seni Hj. Kustiyah Edhi Sunarso
Penjenaman adalah hal yang harus terus dilakukan dalam mempublikasikan dan memasarkan apa yang dimiliki oleh sebuah instansi maupun perusahaan. Penjenamaan memiliki peranan penting di dalam sistem berkelanjutan yang bertujuan untuk dapat terus dinikmati dari satu generasi ke generasi yang lain. Penjenamaan terhadap Griya Seni Hj. Kustiyah Edhi Sunarso yang telah diresmikan dari tahun 2015 adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk menjaga warisan pengetahuan berupa koleksi sejarah seni rupa dan karya seni rupa dari seniman Kustiyah dan Edhi Sunarso. Penjenamaan yang dilakukan bukan hanya berfokus terhadap penampilan visual namun juga berupa aktivasi kegiatan yang dalam penelitian ini ditunjukkan melalui beberapa eksperimen kegiatan. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh penjenamaan di Griya Seni Hj. Kustiyah Edhi Sunarso dan mengetahui strategi yang tepat dalam proses penjenamaan tersebut dengan mengimplementasikan teori Wallace tentang Brand Activitaion. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh Griya Seni Hj. Kustiyah Edhi Sunarso. Metode tersebut menghasilkan potensi yang dapat dilakukan dalam proses penjenamaan, penelitian dilanjutkan dengan metode eksperimental berupa kegiatan untuk mengukur tingkat keterjangkauan Griya Seni Hj. Kustiyah Edhi Sunarso terhadap masyarakat umum melalui teori Wallace. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penjenamaan Griya Seni Hj Kustiyah Edhi Sunarso sangat berpengaruh terhadap keterjangkauan terhadap masyarakat umum. Tingkat kunjungan dan kesadaran masyarakat umum mengalami pergerakan yang diukur dari jumlah kunjungan di griya seni dan media sosial. Strategi perancangan kegiatan di griya seni berupa pameran menjadi daya tarik terhadap masyarakat umum dalam mengenalkan kembali Griya Seni Hj. Kustiyah Edhi Sunarso. Penjenamaan dalam bentuk ini mampu mengaktifkan komunikasi antara griya seni dengan masyarakat umum secara satu arah maupun dua arah melalui media sosial dan kunjungan langsung.
Tidak tersedia versi lain