Tugas Akhir
Social Media Engagement Ngayogjazz Sebagai Festival Musik Di Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Bagaimana Social media engagement yang hadir dalam Ngayogjazz sebagai festival musik di Yogyakarta. 2). Bagaimana Social media berperan dalam mencitrakan festival Ngayogjazz. Untuk mencapai tujuan dari penelitian tersebut maka digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual dari Christine Hine dimana Social media dipilih sebagai lokus dari penelitian. Teori mengenai Social media digunakan sebagai landasan dalam membingkai pemikiran dan pembahasan.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yakni mengamati aktivitas Ngayogjazz di Social media serta melakukan wawancara untuk mengkonfirmasi beberapa data yang ditemukan secara langsung dengan beberapa narasumber yang berkait langsung dengan festival ini. Selain itu data kepustakaan serta dokumentasi yang telah ada juga dijadikan referensi dalam mendeskripsikan dan menganalisa peristiwa Ngayogjazz dalam Social media.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Social media yang hadir dalam Ngayogjazz sebagai festival musik di Yogyakarta, menggunakan empat Platform, yakni Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube menunjukkan interaksi yang mengikat antara Ngayogjazz sebagai festival dengan masyarakat secara luas. Ngayogjazz memanfaatkan Social media sebagai salah satu strategi dalam mencitrakan diri sebagai festival musik yang kehadirannya diperhitungkan di tanah air, improvisasi dan interaksi musikal yang menjadi ciri khas jazz.
Tidak tersedia versi lain