Tugas Akhir
Meningkatkan kreativitas musisi lokal lewat ajang Let's Picnic
Musisi lokal memiliki potensi kreativitas yang besar dalam menciptakan karya musik yang orisinal dan beragam. Namun, musisi likal sering menghadapi tantangan dalam mengembangkan kreativitas musisi lokal. Ajang Let’s Picnic hadir sebagai sebuah inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas musisi lokal. Let’s Picnic merupakan sebuah acara yang diadakan secara periodik dan memberikan kesempatan kepada musisi lokal untuk tampil dihadapan khalayak yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi cara meningkatkan kreativitas musisi lokal di Kota Palopo melalui penyelenggaraan ajang Let’s Picnic, Mel Rhodes, (dalam Fauziah, SS, 2022) dalam konsep The Four P’s Creativity mengemukakan empat dimensi sebagai susunan kemunculan kreativitas yaitu person, press, process, serta product. Sumber utama data dalam penelitian ini adalah para pemangku kepentingan Ruang Kolektif Stakeholder yang terlibat dalam ajang Let’s Picnic dan musisi lokal yang terlibat dalam event Let’s Picnic. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ajang Let’s Picnic memiliki peran penting dalam meningkatkan kreativitas musisi lokal di Kota Palopo. Strategi 4P yang diterapkan, yaitu memperhatikan faktor pribadi musisi, pendorong eksternal, proses kreatif, dan produk musik yang dihasilkan, membantu dalam membangkitkan dan mengembangkan kreativitas musisi lokal. Ajang ini memberikan kesempatan bagi musisi lokal untuk menampilkan kemampuan musisi lokal dihadapan khalayak yang lebih luas, mendorong eksperimen dan inovasi musik serta mendorong kolaborasi antar musisi musisi lokal di Kota Palopo
Tidak tersedia versi lain