Tugas Akhir
Reinterpretasi dhakon sebagai inspirasi penciptaan karya seni lukis
Penelitian ini merupakan jenis penelitian penciptaan karya seni. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan karya seni lukis dengan ide bersumber dari esensi tersembunyi permainan dhakon yang dapat mencegah sekaligus mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi anak - anak di masa kini akibat eksistensi media bermain yang tidak ramah anak. Proses mengumpulkan data diperoleh melalui observasi, studi pustaka, studi dokumen, dan wawancara. Penciptaan karya seni lukis ini menggunakan metode practice-based research. Peneliti melalui tahapan riset, berempati, melebur dengan fenomena dan subjek penelitian, memberi jarak dengan karya sehingga menemukan hal - hal yang terlewatkan, kemudian hasil - hasil temuan penelitian diwujudkan ke dalam lukisan. Melalui pendekatan trans-media, penelitian ini melahirkan tujuh karya seni lukis yang representasional, deformatif, memiliki makna simbolik dengan kombinasi bentuk media acrylic on canvas dan teknologi augmented reality. Penciptaan ini berguna sebagai media kritik dan sebagai media edukasi kepada masyarakat berkaitan dengan fenomena dinamika sosial-budaya akibat dari dari minimnya media bermain yang ramah anak. fenomena tersebut patut untuk diwaspadai dan harus segera dihentikan untuk mengurangi dampak negatif yang merugikan para korbannya yaitu anak- anak. Selain itu karya - katya ini juga merupakansebuah upaya untukmelestarikan produkbudaya nusantara.
Tidak tersedia versi lain