Tugas Akhir
Dramaturgi Teater Sekolah: Studi Kasus Sistem Pelatihan Aktor Dan Pementasan Teater Keong Sman 7 Malang.
Disertasi ini merupakan penelitian studi kasus sistem pelatihan aktor dan pementasan teater Keong SMAN 7 Malang dengan menggunakan pendekatan dramaturgi pascadramatik Hans Thies Lehmann. Penelitian ini menggunakan landasan teori teknik gerak Eugènio Barba, struktur kerja pelatihan aktor Augusto Boal, dan teori pembelajaran langsung (instructional effect) dan tidak langsung (nurturant effect) Bruce Joyce dan Marsha Well. Metode kualitatif dengan analisis data wawancara, observasi dan studi dokumentasi digunakan untuk memperoleh gambaran model latihan aktor siswa, keunikan dan kekhasan, serta dampaknya terhadap pementasan teater sekolah. Penelitian ini menghasilkan dramaturgi teater sekolah sebagai aktivitas kreatif gerak tubuh dan vokal suara, serta kerja produksi kreatif siswa aktor dengan arahan guru sebagai sutradara dalam mewujudkan pertunjukan untuk kepentingan tertentu (lomba atau festival)
Tidak tersedia versi lain