Tugas Akhir
Strategi Promosi Atraksi Pacu Itiak di Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat
Atraksi Pacu Itiak merupakan salah satu atraksi yang berbasis kearifan lokal unik dan menarik yang ada di Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat. Namun sebagai atraksi Pacu Itiak yang unik ini belum berkembang dengan baik dan dikenal luas oleh masyarakat dan wisatawan. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui peran para stakeholder pariwisata dalam mengelola atraksi Pacu Itiak demikian juga bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (DISPARPORA) dan para stakeholder pariwisata di Kota Payakumbuh sehingga atraksi Pacu Itiak dikenal luas oleh masyarakat dan wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis suatu permasalahan didukung oleh teori-teori dari stakeholder pariwisata, strategi promosi, dan event. Hasil penelitian menunjukan bahwa atraksi Pacu Itiak dijadikan sebagai sarana dalam mempromosikan potensi daerah untuk menarik minat dan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara melalui kerja sama dengan stakeholder pariwisata yang terdiri dari akademisi, bisnis, pemerintah, komunitas/organisasi, dan media, serta merancang strategi promosi melalui kegiatan Penjualan Perorangan, Periklanan, Promosi Penjualan, Publisitas, dan Pemasaran Langsung
Tidak tersedia versi lain