Text
Bias Mayoritas dalam Proses dan Hasil Desain Komunikasi Visual tentang Kelompok Minoritas
Proses desain menjadi sebuah praktik dalam tahap peniruan yang dilakukan desainer terhadap ingatan dan pemikiran mayoritas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bias mayoritas yang terjadi dalam proses dan hasil desain komunikasi visual tentang kelompok minoritas. Desain dibuat melalui tahap empiris, konseptual, dan teknis, yang mana setiap desainer memiliki proses yang berbeda-beda. Perbedaan ini yang menghasilkan derajat bias berbeda di setiap tahapan desain yang dilakukan desainer. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan multicase study, yang berfokus kepada empat orang desainer dengan hasil desain yang berbeda melalui tahapan yang sama. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses desain berkaitan erat dengan kenaikan dan penurunan bias pada setiap tahapan desain. Berdasarkan Analisa teoritis Value sensitive design, penelitian ini melihat bahwa dua pola bias mayoritas terjadi pada setiap tahapan melalui proses yang berbeda.
Tidak tersedia versi lain